Rabu, 12 Februari 2014

Filled Under:

Cara Ampuh Meringankan Memori Android

android
Kali ini saya akan membahas aplikasi yang sangat berguna untuk semua pengguna android.Aplikasi ini berfungsi sebagai manajemen ruang penyimpanan dalam HP Android.Namanya adalah Link2SD,sering kita lakukan pemasangan atau instalasi berbagai aplikasi ke HP Android kita.Kita menemui bahwa aplikasi yang kita install akan terseimpan di memori internal HP dan media penyimpanan eksternal seperti micro SD card.



Aplikasi Link2SD ini akan menjadikan hasil pemasangan atau instalasi akan tersimpan di micro SD Card.Sehingga tidak menganggu sistem HP Android pada penyimpanan internal tersebut dan menjadikan peforma Android lebih prima.Dengan menggunakan media eksternal seperti micro SD Card sebagai tempat penyimpanan maka kita dapat menginstall banyak sekali aplikasi di memori  eksternal yang cukup luas tanpa membebani memori internal yang biasanya sudah digunakan oleh SMS dan Kontak.




 




Sebagai contoh Aplikasi BBM yang otomatis akan terinstall otomatis di memori internal,saya akan memindahkannya ke memori eksternal.Sebelu itu mari lihat keterangn diatas.Total penggunaan ruang memori untuk aplikasi BBM yang saya gunakan adalah 33,46 MB dan apk 10,81 MB.Maka saya akan pindahkan ke penyimpanan eksternal yaitu micro SD card.





Setelah proses berhasil maka ruang tersebut terisisa hanya 10,81 MB.Lho katanya di pindah semua?.Nah ini  merupakan penjelasan selanjutnya ngeles hehehe .Pada dasarnya setiap aplikasi memiliki komponen ruang di memori internal,nah komponen ini merupakan komponen inti aplikasi,Jadi yang bisa dipindahkan adalah komponen tambahan saja.
   

Dalam percobaan ini saya menggunakan aplikasi BBM yang merupakan layanan komunikasi berjenis messenger jadi memiliki komponen inti lebih banyak yaitu 10 MB.Namun ketika saya coba pada Game dan aplikasi lain,aplikasi intinya tidak sampai 1 MB.Jadi hanya memakan memori internal 1-999KB,lumayan bukan? .Sebenarnya ada cara untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal melalui menu setting atau pengaturan.Tapi tidak semua aplikasi dapat dipindahkan,namun Link2SD bisa memindahkan semua plikasi ke memori eksternal kecuali widget.Ukuran file yang telah diproses Link2 SD dalam RAM menjadi lebih kecil,terbukti pada hasil capture saya (kanan). BBM hanya memakan RAM 7 MB di Handphone saya.Ukurab tersebut tergantung dari kemampuan prosesor masing masing HP.

Root Remodended

Download Google Play 

Download APK

- Alternatif  Tutorial Tanpa Root

 Tutorial APP2 SD Easy

Komandan

penulis

Bukan rezeki yang seret. Mungkin amal kita yang masih seret. Bukan nikmat yang kurang. Mungkin syukur kita yang masih kurang.

8 komentar:

 

Copyright © Komandan Note™ is a registered trademark.
Designed by Templateism. Hosted on Blogger Templates.Jual Rumah Syariah.