Technopreneur Modal Bangsa

Pada tahun 2013 ini,kita memasuki era teknologi yang modern.Banyak pemanfaatan teknologi diberbagai bidang.Misalnya pertanian,perairan,pendidikan,hiburan dll.Perkembangan teknologi semakin pesat begitu pula kebutuhan akan teknologi dalam bidang tertentu.Karena manusia membutuhkan alat-alat yang prakis dalam membantu aktivitas mereka,maka produsen alat-alat canggih terus memproduksi produk mereka ke masyarakat.Technopreneur adalah berdagang dengan konsep teknologi.Dari mulai duduk disekola dasar kita sudah dikenalkan oleh mata pelajaran komputer.Dijenjang yang lebih tinggi lagi,ilmu kita akan teknologi informasi semakin bertambah.Apalagi di era global seperti sekarang ini,lingkungan juga mempengarui bertambahnya pengetahuan dunia IT lewat produk produk gadget yang sekarang sudah menjadi trend dimasyarakat.



Begitu juga kalangan dewasa yang semakin memanfaatkan kecanggian teknologi pada masa ini.Seperti kita tau semua aktivitas kantor,pekerjaan,keluarga dll.Tidak mau jauh jauh dari Handphone,karena alat komunikasi ini paling efektif dan efisien.Namun pada era ini handphone tidak hanya digunakan untuk menelpon tapi juga untuk Chating,BBM,Facebook,Twitter,Whatsup,LINE dll dengan bantuan koneksi Internet.Apalagi kini ada OS Android yang bisa ditambahkan berbagai macam aplikasi (tool),sehingga handphone memiliki banyak fungsi..Pengguna Internet semakin hari semakin banyak dan terus meningkat tiap tahunnya.



Semakin erat kebutuhan manusia akan teknologi,menjadi peluang besar untuk para produsen produk berbasis teknologi informasi dan internet.Untuk itu para generasi mudah memanfaatkan peluang ini untuk menjadi Technopreneur.Berjualan produk IT atau jasa IT adalah rutinitas seorang Technopreneur.



Makin ramainnya pengguna internet dari tahun ke tahun,bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan.Website merupakan sebuah halaman di internet yang bisa diakses oleh semua orang diseluruh dunia.Hanya dengan bermodal koneksi internet,semua orang bisa mengakses kapanpun.Untuk itu website merukapan kebutuhan masyarakat dalam menjual produk,company profile atau web pribadi.Website untuk menjual produk biasa kita sebut sebagi toko online.Website untuk menampilkan profil perusahaan secara rinci ataupun sekolah/universitas adalah web company profile.Sedangkan web untuk catatan dan artikel -artikel pribadi pemiliknya adalah web pribadi.


web2 ilustrasi oleh Adib



Aplikasi (Software)
Dengan membuat software/tool yang bisa mempermudah pekerjaan manusia.Tentunya akan menarik banyak orang,setelah itu pembeli akan datan



Elektronika

Dengan merangkai hardware baik analog maupun mikrocontroler.Menjadi alat yang praktis dan efisien untuk membantu kebutuhan.



Toko Online

Sebuah media online yang menampilkan berbagai macam produk kita adalah sebuah pilihan yang tepat untuk mendapatkan pelanggan.Toko Online merupakan sebuah website yang dirancang khusus sebagai alat jual beli atau mempermudah transaksi.Secara umum sistem toko online adalah penawaran- deal- transaksi -pengiriman.



Company Profile

Dengan adanya Website Company profile kita dapat berbagi info perusahaan kita kepada siapa pun.Kita juga dapat menjalin kerjasama bisnis jika sesorang tertarik dengan perusahaan kita.



SEO

Kemampuan Seach Engine Optimizer dapat menjadikan jumlah pengunjung yang tau akan penawaran diwebsite/toko online kita menjadi semakin banyak.Karena website kita mudah ditemukan dan berada dihalaman pertama mesin pencari.
Berbisni dengan sedikit modal menjadi Blogger adalah pilihan yang tepat.Namun membutuhkan waktu yang relatif lama.Tetapi dengan cara ini bisnis dapat dikembangkan dengan mudah,hanya dengan bermodal koneksi Internet,domain,hosting,sabar dan tekun.Jumlah blogger pun juga semakin banyak,maka kita harus mampu bersaing jika kita seorang blogger.
PTR

Paid To Review dibayar apabila kita melakukan review produk,jasa,perusahaan dll

.
PPC

Pay Per Click yang dibayar apabila iklan yang kita pasang dari advertizer diklik oleh orang.



Dari Internet berbagai macam cara untuk menjadi seorang Technopreneur bisa dilakukan.Namun untuk menjadi seorang Technopreneur yang berhasil dibutuhkan niat dan dasar pola pikir yang baik.



batas





Apa Saja Yang Dibutuhkan Saat ini?


Technopreneur  kiat tips Ilustrasi oleh Adib



Berbagai jenis cara dan produk  untuk menjadi seorang technoprenuer.Tetapi dengan sedikitnya jumlah technoprenuer saat ini.Mari kita analisa apa yang dibutuhkan seseorang  untuk menjadi techooprenuer sukses.


1.Pendidikan Technopreneur

Dari kebutuhan menjadi seorang technopreneur diatas,maka perlunya pengenalan untu menjadi seorang technopreneur sejak dini adalah modal utama.Pendidikan technopreneur adalah kebutuhan generasi penerus bangsa untuk menambah daya jual,kreatifitas dan osrisinalitas sebuah karya.Pendidikan adalah salau satu cara untuk menumbuhkan bibit technopreneur bangsa,dengan adanya pendidikan ini technopreneur maka pengetahuan tentang produk terlaris,pemasaran dan produksi jadi lebih bagus.Selain itu dalam jenjang SD atau SMP minimal sudah tau cara temudah menjadi Technopreneur yaitu dengan B.Bisa juga melalui ekstrakulikuler belajar rangkain elektronika analog/mikro  dan pengarahan pada mata pelajaran bidang IT tentang Technopreneur .



2. Mulai sejak dini 

Menjadi seorang technopreneur tidak memiliki batasan usia,dari anak anak sampai dewasa pun dapat menajdi seorang Technopreneur.Keunggulannya ketika masi masa sekola - kuliah adalahjejaring teman yang luas.Jika kita sudah mulai Technopreneur ketika duduk di bangku SMP maka ketika SMA,teman SMP kita mengetahui bisnis kita dan menghubngi kita,sementara kita juga berbisnis dengan teman SMA kita.Apalagi jika kita seorang mahasiswa yang memiliki teman dari berbagai macam kota di Indonesia.Maka popularitas produk / jasa yang kita tawarkan akan semakin luas.jadi Intinyatidak perlu menunggu LULUS untuk menjadi seorang technopreneur.Manfaatkanlah waktu yang pemberitahuan kepada orang lain bahwa kita seorang Technopreneur.



3.Komunitas Technopreneur

Dengan adanya sebuah perkumpulan kita dapat berbagai keuntungan seperti kerjasama dalam hal pemasaran produk,berbagi tips dan memperluas jaringan penjualan.Seperti  Indonesia Technopreneur Community (http://www.indotechnopreneur.com/) .



4.Lomba dan Pameran teknologi

Jika kita memproduksi sendiri prokduk Elektronika dan IT dengan mengikuti kegiatan ini,kita bisa menilai sekaligus promosi produk kita.Sangat menguntungkan bila produk kita berhasil memenangi sebuah kompetisi.Maka nilai jualnya pun akan bertambah dan banyak orang yang akan tertarik pada produk kita.Seperti Pertamina Technopreneur Expo 2012 dan Technoprenuer Camp yang diadakan pemerintah.
elektronikSumber : elektronika.ruangtedy.net



5.Mahasiswa

Melalui Ormawa(Oraganisasi Mahasiswa) dapat menyediakan wadah lewat kegiatan pengenalan dan pembelajaran Technopreneur kepada masyarakat.Terutama jenjang SD-SMA supaya bisa menjadi seorang Technopreneur sejak dini.Sekaligus menjalankan salah satu peran fungsi mahasiswa yaitu "Agen of change".Bagi mahasiswa Technopreneur  harus jadi pelopor untuk orang orang disekitarnya.





6.Masyarakat

-Berani mencoba untuk tecnhoprenuer,bisa diawali dengan membuat Blog gratisan dari Blogger.com atau pun Wordpress.com.Karena dibutuhkan berbagai informasi diberbagai keperluan,misalnya pribadi,toko,perusahaan,sekola dan lembaga kemasyarakata

-Dengan koneksi internet kita bisa melakukan berbagai hal dan menjelajahi dunia (WWW).Untuk ilmu Technopreneur kita bisa membuat suatu produk dengan koneksi internet.Banyak yang bisa kita buat lewat tools website,seperti aplikasi android,windows phone,apple dll.Berikut adalah website penyedia tool untuk membuat aplikasi :



Andromo                                                                                              buzztouchandromo buzz



Ibuild App                                                                                                        Mobincube

buildmomo
priview gambar : Adib







Dengan tool aplikasi dari website Andromo.com,Buzztouch.com,mobincube.com dan ibuildapp.com dapat menghasilkan aplikasi berekstensi Apk(android),jar,jad(symbian),iOs. Produk baru yang kita buat,bisa dijual ke semua orang.



7.Pemerintah



-Mengadakan pembinaan terhadap masyarakat tentang Technopreneur.Khususnya dilingkungan kelurahan dan yang menjadi target adalah para generasi penerus bangsa yaitu remaja.Untuk kedepannya banyak UKM yang tumbuh dengan dasar tecnhnoprenuer.

-Memberi wadah pengembangan kepada Technopreneur.Contohnya menyediakan tool pembuat produk (aplikasi) gratis kepada semua orang,sehingga semua orang bisa membuat produknya masing-masing dan menjadi Technopreneur.Seperti  Andromo,Buzztouch,Ibuild App,Mobin cube dll.

batas





Kemudian untuk menjadi  technoprenuer  sukses ada beberapa tips ,amatilah faktor berikut :



1.Identifikasi diri dan Lingkungan
Pelajari latar belakang teman/orang tuanya kerja sebagai apa dan kebutuhan tersebut. misalnya ada yang menjadi dokter, toko, rumah sakit atau kantor.

2.Pilih Tema Produk
Cari teman yang bisa diajak kompromi, yang cukup dekat atau bahkan sahabat, dan punya semangat sama untuk terjun bebas memulai berbisnis.Nantinya teman ini akan membantu anda dalam bisnis,dengan suka rela atau pun khusus.




3.Pilih dan Pilah Produk
Cari referensi di toko buku, adakah buku tentang belajar bahasa pemrograman website dan elektronika.Misalnya bahasa pemograman C,Assembly,HTML, dan PHP .Namun bila ingin membuat tanpa mahir pemograman,bisa menggunakan alternatif.


Elektronika = elektronika.ruangtedy.net dan dien-elcom.blogspot.com
Website = Blogger.com,Wordpress.com dan Wordpress.org

Aplikasi = Andromo.com,Buzztouch.com,mobincube.com dan ibuildapp.com
4.Matangkan Produk dan Inovasi aplikasi
Kalau sudah matang dengan satu produk baik itu website atau aplikasi, terus perbaiki produk itu sampai lengkap fiturnya.Dengan mengimplementsikan dari beberapa tips ini,kemungkinan Tecnoprenuer sukses akan meningkat.Karena memenuhi kebutuhan pasar maupun lingkungan.






batas



Target Jarak dekat

Semua kebutuhan untuk menjadi seorang Technopreneur tergantung penyikapan pribadi.Kemampuan setiap orang berbeda,meskipun dengan awal dan tujuan yang sama.Pertembuhan bibit baru Technopreneur sangatlah dibutuhkan bagi bangsa Indonesia,adapalagi dalam mempersiapkan diri untuk menyongsong ASEAN Comunity tahun 2015 nanti.Lebih spesifiknya ASEAN economic community (AEC) tahun 2015.suatu program bagi negara- negara ASEAN untuk lebih meningkatkan kualitas ekonomi khususnya perdagangan agar menjadi sebuah akses yang lebih mudah seperti menerapkan penghapusan bea masuk (Free Trade Area) untuk mewujudkan sebuah single market.Indonesia memiliki potensi dan modal yang kuat dalam menyukseskan program tersebut, karena dengan luasnya geografis negara kita, juga ditunjang dengan sumber daya alam yang sangat banyak dan juga sumber daya manusia yang mumpuni.
asean





  sumber gambar : www.asean.org



Konsep utama dari AEC atau Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah menciptakan ASEAN sebagai sebuah pasar tunggal dan kesatuan basis produksi dimana terjadi free flow atas barang, jasa, faktor produksi, investasi dan modal serta penghapusan tarif bagi perdagangan antar negara ASEAN yang kemudian diharapkan dapat mengurangi kemiskinan dan kesenjangan ekonomi diantara negara-negara anggotanya melalui sejumlah kerjasama yang saling menguntungkan. Konsep tersebut diharapkan dapat membentuk kawasan ini lebih dinamis serta kompetitif dibanding kawasan lainnya melalui mekanisme dan pengukuran baru.



Lewat Artikel saya dan Harapan kita bersama untuk bangsa Indonesia dengan adanya AEC 2015,kedepan akan memicu tumbuhnya Technopreneur/pengusaha yang bukan hanya mampu bersaing di panggung nasional, tetapi juga mampu bersaing di tataran global. Peluang emas saat ini terpampang di depan mata.


Rencana hanyalah tujuan yang baik,kecuali jika tujuan tersebut segera diwujudkan dengan giat.Jangan Pernah Malu Dalam Membangun Sebuah Usaha Dari Bawah. Berikanlah Yang Terbaik Untuk Para Konsumen Anda, Keuntungan Akan Datang Dengan Sendirinya.





------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Statement of disclaimer

Dengan ini menyatakan bahwa artikel ini adalah murni karya saya.Saya mencantumkan sumber jika bagian artikel ini bukan hasil pejerkaan saya.Serta menyetujui syarat, ketentuan, dan peraturan yang telah ditentukan oleh MBA-ITB.

ttd











---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Logo MBA ITB

http://www.indotechnopreneur.com/

28 komentar:

  1. Semakin jarang Tecnoprenuer di Negara ini.Di lingkungan saya mala hampir tidak ada.Spesial sekali Idenya !

    BalasHapus
  2. Menjadi seorang Blogger adalah Pilihan saya menjadi Tecnoprenuer hehehe :D
    Berkunjung kembali,setelah lama fakum bro haha

    BalasHapus
  3. Wow keren banget,ikutan lomba ya sob?
    Aku maunya jadi Blogger aja de,masi kerja dikantor .Like This

    BalasHapus
  4. Baru tau aq ada website yang bikin aplikasi kayak gitu,Nice info gan

    BalasHapus
  5. Bagus sekali artikelnya,saya juga memakai tips yang disebutkan tadi..namun tidak semuanya lancar selalu ada hambatannya.Jadi harus dengan niat lebih tecnoprenuer untuk menghadapainya keep spirit .

    BalasHapus
  6. terasa sangat menyenangkan bila apa yang kita pilih bisa membuat kita SUKSES.
    saat ini saya bekerja,namun saya begitu menikmati pekerjaan saya..mungkin kedepan ada rencana untuk tecnhoprenuer

    BalasHapus
  7. Patut dicoba nie,website pembuat aplikasinya
    Sekalian coba jadi techoprenuer ,salam sob

    BalasHapus
  8. Mantab ni saya senang dengan kata tecno prenuer...usaha teknologi emang laku dipasaran

    BalasHapus
  9. bener banget bro.,saya pakai yang Website .Karena itu sumber penghasilan saya

    BalasHapus
  10. Goalnya ASEAN Commnity ya? tapi selebihnya bisa menggangkat moral bangsa untuk membuka lapang kerja sendiri

    BalasHapus
  11. Benar sekali bro,maka dari itu perlu pengoptimalan dari berbagai sisi

    BalasHapus
  12. Sama bro,saya juga blogger +dagang hehehe
    lama tak jumpa

    BalasHapus
  13. Dah tiga jam cari... jumpa akhirnya ... terima kasih atas maklumat yang amat berguna nie.
    .. saya terhutang budi dengan blog ni..

    BalasHapus
  14. Ia bro lomba Blog dari Mba ITB.Wa harus dikembangkan ni :D

    BalasHapus
  15. Sama gan,saya taunya juga baru baru ini.

    BalasHapus
  16. Setiap pilihan selalu ada konsekuensi yang ada,tergantung dari kita cara yang menghadapinya
    terima kasih mbak

    BalasHapus
  17. Semoga terus berlanjut bro,suksesnya.. mulai dari sekarang lebih baik hehe

    BalasHapus
  18. Silahkan silahkan dicoba,Gratis lhooo hehe

    BalasHapus
  19. Saat ini emang sangat pengguna dan sangat dibutuhkan.maka dari itu kebutuhan pengguna terus meningkat .Oleh sebab itu dibutuhkan pembuat teknologi bukkan pengguna teknologi .

    BalasHapus
  20. Jasa pembuat website merupakan salah satu tecnhoprenuer yang banyak dibutuhkan saat ini.
    Ok Sukses selalu sob

    BalasHapus
  21. Bukan itu saja,namun untuk meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan di Indonesia seiring dengan banyaknya penduduk Indonesia di Masadepan

    BalasHapus
  22. wa sampai 3 jam,hehee sama sama terimakasih atas kunjungan dan komennya :D

    BalasHapus
  23. Dah seminggu saya cuba cari bahan untuk assigment ... last2 dapat kat
    blog nie... terima kasih di atas artikel yang amat bermanfaat kepada saya nie.
    .. :)

    BalasHapus
  24. Sama sama mas,wa linknya buat WEB bisnis ni. hehehe

    BalasHapus
  25. Technopreneur emang lagi marak ya

    BalasHapus
  26. Sip,mas karena kebutuhan akan teknologi semakin meningkat ,,

    BalasHapus
  27. Halo mas kunjungan balik nih ^^

    saya izin baca2 dulu ya sepertinya infonya menarik sekali :)

    BalasHapus