HUB

Hub adalah komponen jaringan komputer yang memiliki colokan (port-port), jumlah portnya ini mulai dari 8,16, 24, sampai 32 port. Pada umunya hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lainnya. Dengan kata lain Hub sama halnya seperti sebuah jembatan yang dapat menghubungkan beberapa kota atau provinsi.

hub





Hub juga merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP.



HUB tidsk Mengenal MAC Addressing / Physical Addressing shingga tidak bisa memilah data yg harus ditransmisikan shingga collision tidak bisa dihindari dari penggunaan HUB ini Fungsi HUB dan Keunggulan hub

• Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation • Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater )

• Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda (Ethernet, Toket ring, FDDI)

• Menawarkan feature yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan )

• Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic)keunggulannya adalah dapat menghubungkan beberapa komputer. -Kekurangan Hub adalah karena dapat berbagi jalur yang sama maka kecepatan komunukasinya juga harus dibagi dengan hub lainya. Spesifikasi Hub dengan spesifikasi 10/100Mbps harus berbagi bandwidth dengan masing-masing port.



Jadi ketika hanya satu PC yang menggunakan, akan mendapat akses bandwith yang maksimum yang tersedia. Namun, jika beberapa PC beroperasi atau di gunakan pada jaringan tersebut, maka bandwidth akan dibagi kepada semua PC, sehingga akan menurunkan kinerja jaringan


Tidak ada komentar