CDMA (Code Division Multiple Access)

CDMA adalah sebuah bentuk multiplexing dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu atau frekuensi, namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang dihubungkan dengan tiap kanal yang ada.

 

 Prinsip Kerja -Komunikasi CDMA merupakan salah satu komunikasi seluler.
 -Stasion bergerak (mobile station, MS) dilayani oleh BS, dimana hubungan antara MS dengan BS harus menggunakan gelombang elektromagnetik
 -BS meneruskannya ke elemen lain pada jaringan. Dimana, hubungan antara BS dengan elemen lain pada jaringan dapat melalui kabel atau gelombang elektromagnetik


Suatu area memuat banyak sekali sel. Setiap area dikelola oleh sebuah pusat penyambungan bergerak (mobile switching centre, MSC). Sebenarnya, beberapa sel secara teknis dikendalikan oleh pengendali stasion basis (base station controller, BSC) yang tak ditampakkan pada gambar ilustrasi, barulah MSC mengelola BSC-BSC itu Perpindahan MS ke sel lain dalam satu area MSC disebut alih-tangan (handover), dan perpindahan antar area disebut jelajah (roaming). Hubungan MS ke area lain atau jaringan lain (misalnya: PSTN, internet) dilakukan melalui MSC -Pengalihan tangan (handover) disebut metode soft handoff -CDMA bekerja di frekuensi yang sama maka perpindahan base station a ke b ini akan berjalan halus (soft). 

-Proses terjadinya perpindahan base station pada CDMA adalah saat mobile station berpindah. mobile station akan mencari base station terdekat.

 -Sedangkan base station awal tidak akan melepaskan sinyal sampai base station tujuan dapat memberikan sinyal secara baik.

 -Sehingga lose connection atau bad signal akan dapat diminimalisasi




-Dalam CDMA setiap pengguna menggunakan frekuensi yang sama dalam waktu bersamaan tetapi menggunakan sandi unik yang saling ortogonal.

 -Pada jumlah pengguna yang besar, bidang frekuensi yang diberikan memiliki banyak sinyal dari pengguna sehingga interferensi akan meningkat

 -kapasitas dan kualitas sistem dibatasi oleh daya interferens yang timbul pada lebar bidang frekuensi yang digunakan. CDMA merupakan akses jamak yang menggunakan prinsip komunikasi spectrum tersebar.

Tidak ada komentar