Pembangkitan Sinyal Waktu Kontinyu Sinusoida SS

Pada percobaan yang pertama, membangkitkan gelombang s1=sin(2*pi*t*5), dimana untuk frekuensi awal adalah 5 Hz. Setelah diplot grafiknya, didapatkan pada saat t=0, nilai s1=0.3. Kemudian dengan persamaan yang sama dan nilai frekuensi diubah-ubah menjadi 10 Hz, 15Hz dan 20Hz ternyata akan mengakibatkan beda fase karena masing- masing gelombangnya dimulai pada nilai s1 yang berbeda. Selain itu bentuk gelombangnya jugaa lebih tidak beraturan karena nilai dari sinusnya yang berubah.

 

Gelombang dengan frekuensi yang rendah akan berjalan lebih lambat dibanding dengan gelombang yang memilki frekuensi lebih tinggi. Parameter kedua yang diubah dalah amplitude. Amplitudo awal yang diberikan adalah 2, karena ini adalah gelombang sinus,maka untuk amplitude gelomban adalah amplitude dikalikan nilai maks atau minimum dari sinus (1 atau -1).

 

Sehingga saat amplitude diubah-ubah maka simpangan terjauhnya juga akan sama dengn nilai amplitude tersebut. Semakin besar amplitude, maka simpangan terjauh gelombang juga akan semakin besar. Parameter selanjutnya yang diubah adalah sudut fase. Sudut fase ini akan berpengaruh pada jalannya gelombang, karena sudut fase ini akan menggeser posisi gelombang ke kanan atau ke kiri. Semakin besar sudut fase, maka pergeseran yang ditimbulkan juga akan semakin besar.

no2 sinyal

Percobaan yang kedua adalah membangkitkan sinyal persegi. Persamaan gelombang persegi menggunakan perintah ‘SQUARE’. Sehingga ketika gelombang ini di plot, maka yang akan muncul bukan gelombang sinusoida, melainkan persegi. Parameter pertama yang diubah adalah frekuensi. Karena frekuensi berpengaruh pada nilai kecepatan sudut(omega) maka juga kan berpengaruh pada beda fase.

 

Pada sinyal diskrit, semua gelombang dengan frekuensi berbeda ini dimulai dari s1=1 dengan start timing yang berbeda, sehingga mengakibatkan adanya pergeseran gelombang atau adanya sudut fase. Parameter kedua yang diubah adalah sudut fase. Pemberian nilai sudut awal pada persamaan ini akan mengakibtakan adanya perbedaan beda fase juga pada setiap persamaan. Sehingga start timing nya juga akan berubah. Sehingga grafik akan bergeser ke arah kiri atau kanan.

6 komentar:

  1. Canada goose Jacket is filled with fashion elements. The designs of our jackets are stylish which can protect your body from wind and coldness.

    BalasHapus
  2. Our Canada Goose products are only using the best materials, is not beyond the quality, high-tech high-end design, welcome to place an order from us!

    BalasHapus
  3. Tips on how to Save Money On Parajumpers Outfits.Click to see more.

    BalasHapus
  4. See Barbour's new 2013 F/W women's jackets.Click here.

    BalasHapus
  5. Shop huge inventory of Woolrich Arctic Parka for women and men.100% authentic with free shipping.

    BalasHapus
  6. Our Canada Goose products are only using the best materials, is not beyond the quality, high-tech high-end design, welcome to place an order from us!

    BalasHapus