Definisi Desibel

Saya akan memberikan Definisi dari Decibel (dB) adalah satuan untuk mengukur intensitas suara. Makna dari huruf B adalah karena B merupakan nama dari sang penemu, yaitu Alexander Graham Bell. Decibell merupakan sebuah unit logaritmik untuk mendeskripsikan suatu rasio. Rasio disini merupakan power  atau daya  dan voltage atau tegangan. 
Sebenarnya terdapat banyak rasio yang berhubungan dengan dB, namun yang akan digunakan hanya rasio daya dan tegangan saja.



** Decibel juga berkaitan erat dengan tingkat ketajaman pendengaran. Masing masing orang memiliki tingkat ketajaman pendengaran yang berbeda beda. Untuk mengetahui tingkat kemampuan pendengaran manusia, maka digunakan alat yang bernama audiometer.

 Dan satuan yang dipakai untuk menyatakan kemampuan pendengar adalah decibel. Kembali ke pembahasan awal terkait dengan decibel. Di dalam system saluran transmisi, akan dihadapkanpada perubahan level, baik pengurangan ataupun penambahan level electrical sinyal, karena efek amplifier, noise, atau distorsi.

Tidak ada komentar