E-Learning Menjadi Kebutuhan Pendidikan

Dunia pendidikan di era digital ini sangat mendukung,informasi mudah didapatkan dimana saja dan kapan saja.Untuk mendapatkan dan menghasilkan informasi, komputer dan teknologinya adalah salah satu alat bantu yang paling tepat. Penggunaan jaringan secara bersama-sama ini, tumbuh membentuk jaringan komputer yang amat besar yang tersebar di seluruh bagian di muka bumi ini.







Website/Blog Sebagai Media E-Learning

Kemudahan mendapat informasi dari website harus dibagi kepada generasi penerus bangsa yaitu siswa.Lewat pembelajaran yang diberikan oleh guru,siswa dapat mempelajari kemudahan mendapatkan informasi melalui website.Selain membagikan informasi,website bisa menjadi jejaring komunikasi,game ,pendidikan dll.Website yang berisi informasi pendidikan adalah media pembelajaran yang tepat di era ini. Website/Blog pendidikan yang termasuk E-Learning adalah media pembelajaran yang tepat untuk Indonesia Berprestasi.

Semakin perlunya peran website di dunia kerja,layanan pemerintah dan kesehatan,Merupakan salah satu faktor pembekalan siswa terhadap dunia teknologi masa depan.Website E-Learning dapat diterapkan ke sekolah,kampus dan lembaga bimbingan belajar di Indonesia.Wesbite E-Learning pada umumnya berisi materi belajar dan informasi akademik.



Keunggulan Website sebagai media E-learning

Manfaat E-Learning menggunakan website adalah menghemat penggunaan kertas dan menjadi pembelajaan siswa tentang kegunaan website.Apalagi aktivitas Online di website jejaring sosial sudah sering dilakukan oleh siswa. Mencari apa yang tidak tau dengan mesin pencari seperti google/ yahoo dalam proses pembelajaran sudah menjadi kebiasaan pelajar diera ini.Baik siswa maupun mahasiswa dapat mnemukan apa yang  ingin dipelajari lewat teknologi mesin pencari.Melalui mesin pencari kita dapat menemukan blog / web yang menyediakan informasi yang kita butuhkan.Nah dari sinilah terjadi transfer Ilmu dari artikel yang ditulis oleh blogger kemudian dipelajari oleh siswa.


Guru Harus punya Blog

Sebagai media publikasi yang sangat efisien dan praktis blog merupakan sarana yang tepat dalam berbagi ilmu.Pemahaman IT dalam bidang Blog menurut saya adalah mudah dipelajari oleh Guru karena kemudahan yang disedikan oleh penyedia blog gratis seperti bogspot.com dan wordpress.com.Ketika Guru sudah memiliki blog ,bisa dimanfaatkan untuk

-Teori mata pelajaran yang nantinya akan dipelajari siswa

-E-book dalam bentuk file,sehingga bisa megurangi penggunaan kertas

-Kuis/Ujian online sebagai latihan untuk ujian




Untuk keperluan sekolah ini merupakan E-Learning ideal yang bisa dimiliki Guru.Namun, ke tiga manfaat diatas juga mempunyai efek yang besar untuk pendidikan bangsa Indonesia atau dunia.Dengan adanya Blog maka jumlah siswa akan bertambah lewat interaksi dunia maya.



Ketika seorang guru mempublikasikan artikel dari mata pelajaran maka bisa dimanfaatkan untuk siswanya disekolah sebagai sumber informasi.Disinilah peran mesin pencari,dia akan menemukan blog yang update untuk ditampilkan dalam daftar penelusuannya ketika seseorang mencari informasi.Gampangnya ketika seseorang dari luar sekolah itu pun mencari informasi maka blog guru tersebut bisa di pelajari dan terjadilah interaksi.


Contoh :

Pak Eko adalah seorang Guru SDN 1 Jakarta,beliau memiliki blog sebagai media publikasi teori,tugas dan pengumuman untuk siswanya di SDN 1 Jakarta.Namun blog pak eko yang membahas materi kesenian daerah sering dikomentari oleh siswa luar sekolahnya dan  bahkan mahasiswa jurusan kesenian untuk sharing membahas kesenian di blognya.



Nah,disilah manfaat ilmu guru kepada pelajar Indonesia dampak akan informasi dalam bentuk web dan blog sangat besar.Dari contoh cerita saya tadi dapat disimpulkan pak Eko telah berhasil turut mencerdaskan bangsa menuju Indonesia Berprestasi dalam bidang kesenian karena telah berbagi hal-hal yang dia gemari dan menuliskan di blognya.





Blog untuk Murid

Kebanyakan murid atau siswa di hari ini lebih update teknologi daripada gurunya.Dengan adanya jejaring sosial semakin menambah intensitas penggunaan internet di kalangan pelajar.Blog juga merupakan sarana yang tepat untuk siswa,ketika siswa mempunyai Blog maka ia akan membagikan pengalaman,pelajaran dan informasi.Saya pribadi,berpendapat pentingnya Blog untuk siswa karena dari media inilah kita belajar dan berbagi.


Contoh :

Saya mengamati salah satu SMA Swasta di Surabaya dengan sistem pendidikan berbasis IT.Seorang guru IT memberikan tugas kepada  siswanya,namun tugas tersebut tidak dikumpulkan dalam bentuk Tulis tangan ataupun Print.Tetapi tugas itu dikumpulkan dalam bentuk alamat URL blog.Jadi mau tidak mau siswa harus membuat Blog terlebuh dahulu untuk menulis jawaban dari tugas tersebut.Setelah itu URL blognya akan dikirim ke email guru .



Metode Saya

Dengan tugas dari guru terkesan agak menekan memang,siswa yang tidak mau nilai tugasnya bolong pasti mempelajari dan membuatnya.Saya sendiri memberikan tugas kepada murid untuk menuliskan tugasnya di blog lalu dipresentasikan dikelas dan didiskusikan bersama.


Manfaat jangka panjang

Dari sini manfaatnya hampir sama denga guru dengan adanya Blog siswa yang berisi tentang tugas-tugas mata pelajaran.Maka nantinya blog siswa tersebut akan ditemukan oleh mesin pencari dan bisa menjadi manfaat untuk banyak orang.Dengan melatih berbagai sumber informasi sejak awal maka nantinya kebiasaan membagikan informasi akan berlanjut sampe mahasiswa dan dewasa nanti.



Misalnya ketika siswa ini duduk dibangku SMA sering mebagikan tugas-tugasnya yang ditulis tangan lalu mengetik di Blog.Seperti mata pelajaran biologi,fisika,ekonomi dll.Saat sudah menjadi mahasiswa pun dia akan membagikan proyek ataupun penelitiannya sehingga bisa bermanfaat untuk orang banyak.Sebuah kegiatan sederhana tetapi sangat mulia karena membantu menuntut ilmu untuk Indonesia Berprestasi.



Ingatlah ilmu merupakan amalan yang tidak pernah putus bahkan sampai kita Mati pun,selama ilmu kita digunakan oleh orang-orang didunia ini.Maka akan mengalir pula kebaikan -kebaikan kepada kita.

Muridnya saja dapat amalan kebaikan yang tidak putus-putus apalagi Gurunya?

inilah manfaat dari media blog sebagai sumber berbagi ilmu.
Sama seperti cerita pak eko sebelumnya

Uniknya ilmu ini tidak akan prnah habis saat diberikan, saat diamalkan, bahkan dia trus berkembang menjadi amalan kita. Menjadi pelita hidup :)


Segala bentuk informasi bisa dipertanggung jawabkan baik orisinalitas maupun kebenarannya  toh namanya proses pembelajaran.



Saya pribadi,punya program khusus untuk membantu Indonesia Berprestasi .Melalui Blog ini saya menawarkan pembuatan web/blog gratis untuk Sekolah,guru dan kebutuhan pendidikan supaya para pengajar bisa terbantu dengan program saya ini.

XL sebagai salah satu provider telekomunikasi turut mendukung pendidikan berbasis E-Learning melalu berbagai programnya.Contohnya adalah Kegiatan Komputer untuk Sekolah interaktif (KUSi).



Program ini mulai digelar sejak tahun 2009 dan saat ini telah memasuki tahun ke-4. Hingga saat ini XL Axiata telah menyalurkan perangkat komputer ke 186 sekolah di seluruh Indonesia.

Kegiatan Komputer untuk Sekolah interaktif (KUSi), meliputi :

1. Pemberian komputer ke 60 sekolah tiap tahunnya.

   • Pemberian modem internet

   • Gratis akses internet selama 1 thn

2. Pelatihan komputer bagi guru, pengenalan dasar komputer serta pembelajaran penggunaan

internet.

3. Pelatihan via internet atau elearning, pembelajaran bagi guru dan siswa untuk semakin mengenal

dan mampu memaksimalisasikan kegunaan internet.

4. Pengenalan Internet sehat, pedoman pengunaan internet yang baik dan tepat guna. Internet

sehat merupakan kerjasama XL dengan ICT Watch.

5. Aplikasi Sifoster (Sistem Informasi Sekolah Terpadu), yang merupakan aplikasi untuk sekolah

yang berguna untuk menunjang proses komunikasi guru, murid dan orang tua murid.


Dengan adanya Program ini mampu membantu masyarakat Indonesia dalam E-Learning.Saya sebagai guru turut terbantu dengan adanya teknologi digital yang bisa dimanfaatkan untuk media belajar mengajar.harapan saya semoga anak bangsa bisa mengenal dan mengembangkan teknologi dalam bidang pendidikan dan memajukan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi Indonesia Berprestasi.


Legal:

Saya menyatakan tulisan ini asli dari ide saya pribadi,kecuali info program XL dan Gambar logo Kusi saya dapatkan dari http://www.indonesiaberprestasi.com/kusi,,konten foto adalah dokumen pribadi milik saya .(Adib Mahdy)

Bukti sudah Like dan follow





Tulisan ini diikut sertakan pada Lomba BLOG PENDIDIKAN Xl

Tidak ada komentar