Faktor mempengarui proses modulasi

Pada artikel ini saya akan kembali membahas tentang dunia telekomunikasi.Berikut ini merupakan analisa berdasarkan beberapa parameter yang dapat mempengaruhi proses modulasi.

1.     Jarak
Jarak termasuk salah satu factor yang akan mempengaruhi proses modulasi. Semakin jauh jarak yang ditempuh antara carrier dan informasi, noisenya akan semakin lemah. Sedangkan semakin dekat jarak antara carrier dan informasi, sinyalnya semakin kuat.



dimana : S  = signal (music)
               N = noise

2.     Daya pemancar pada SSG
Semakin besar daya pemancar pada SSG, maka semakin dapat menjangkau jarak yang lebih jauh. Jadi, parameter daya ini dapat mempengaruhi jarak.

3.     Lokasi


Apabila televisi atau radio yang menggunakan antenna berada di dalam gedung tertutup, maka gedung tersebut akan menghalangi kinerja dari antenna. Oleh karena itu, keberadaan atau lokasi sangat mempengaruhi kerja antenna.

4.      Antenna
Antenna terdiri dari banyak jenis, dan masing masing jenis memiliki spesifikasi yang berbeda beda. Dalam praktikum kali ini, antenna yang digunakan hanyalah antenna sederhana yang berasal dari kabel biasa. Berikut ini merupakan cara yang dapat digunakan untuk menghitung berapa panjang yang dimiliki antenna apabila yang diketahui  nya.



a.     Kesimpulan

1.      Modulasi amplitude adalah proses perubahan ampitudo sinyal carrier sesuai dengan amplitude dari sinyal frekuensi
2.      Frekuensi informasi dapat ditumpangkan pada frekuensi radio tertentu.
3.      Factor yang dapat mempengaruhi proses modulasi adalah sebagai berikut
a.      Jarak
b.      Daya pemancar pada SSG
c.       Lokasi
d.      Antenna


Tidak ada komentar