Standar IEEE 802.22 frekuensi yang digunakan adalah VHF dan UHF

Mungkin pernah diinformasikan ada standar IEEE 802.11x frekuensi yang digunakan notabene adalah frekuensi tinggi yakni 2.4 GHz dan 5 GHz. Mengapa pada standarIEEE 802.22 frekuensi yang digunakan adalah VHF dan UHF?

 Standar IEEE 802.22 memang tidak sama dengan standar IEEE 802.11 yang diterapkan untuk WLAN (Wireless Local Area Network).


 Dalam WLAN jaringan wireless yang dibangun hanyalah sebatas area lokal dengan cakupan area 0-250 meter. Namun standar IEEE 802.22 diterapkan untuk WRAN (Wireless Regional Area Network) dimana cakupan areanya adalah regional (lebih luas dari lokal), sehingga untuk mendapatkan coverage area yang luas diperlukan frekuensi yang lebih rendah karena tidak memungkinkan menggunakan spektrum frekuensi 2.4 GHz untuk membuat jaringan wireless dengan cakupan yang luas. Untuk itu standar IEEE 802.22 menggunakan spektrum frekuensi VHF dan UHF yakni 54 – 862 MHz.


Spektrum frekuensi tersebut dimaksudkan untuk dapat memperoleh coverage area yang luas, Untuk menjaga agar sinyal tidak menginterferensi frekuensi saluran televisi, maka layer fisik harus mensupport beberapa kemampuan yang sudah distandarkan yakni mampu melakukan SSF (Spectrum Sensing Function) dimana BS dapat mencari channel pada frekuensi VHF/UHF yang kosong (tidak sedang dipakai) yang dikenal dengan ‘white space’, teknologi ini dikenal dengan ‘Cognitive Radio’. Juga menggunakan jenis modulasi OFDMA untuk menghemat spectrum.

Data rate maksimum untuk uplink dan downlink IEEE 802.22



Tidak ada komentar