PENGUKURAN DISTORSI

Sinyal sinus sebenarnya bentuknya tidak sinus, sinyal ini memiliki harmonisa-harmonisa atau biasa disebut dengan cacat atau distorsi pada sinyal. Berikut dibawah ini penggambarannya Pada sinyal sinus kondisi ideal ini idak memiliki frekuensi harmonisa, hanya frekuensi fundamentalnya saja, seperti pada gambar dibawah ini:


Namun kondisi ini tidak sama ketika kita mengamati sinyal sinus yang tidak ideal. Sinyal sinus yang tidak ideal memiliki banyak frekuensi harmonisa seperti pada gambar dibawah ini:


Jika frekuensi yang muncul semakin banyak, maka sinyal tersebut makin tidak sempurna. Ketidaksempurnaan ini bisa dihitung dengan rumus berikut ini:
Cacat (distorsi) = (∑Harmonisa / fundamental) ( % )
 
                                                                                                                                                                     Distorsi suatu sinyal dapat bertambah karena adanya suatu proses.
Nilai dari terdistorsi X dan Y disini tidak sama, tetapi Nilai terdistorsi Y > X karena Amplifier menambah cacat atau distorsi, Amplifier disini merupakan proses penguatan. Penambahan cacat Amplifier ini dapat dihitung yaitu dengan cara seperti berikut :
1.)    Hitung terdistorsi X
2.)    Hitung terdistorsi Y
3.)    Carilah selisih antara terdistorsi X dan terdistorsi Y. Pada selisih inilah nilai cacat yang ditambahkan oleh Amplifier.

Apabila kita mengamati perbedaan radio AM dengan FM jika ditinjau dari kualitas suaranya dapat
diketahui bahwa radio AM memiliki kualitas suara yang kurang bagus atau tidak jelas. Hal ini dikarenakan AM kaya akan distorsi. Contoh lain pada kehidupan sehari-hari kita yaitu ketika merekam suara musik dari kaset pita melalui Tape Recorder. Output dari rekaman tersebut dimasukkan ke notebook. Hasil rekaman tersebut pastinya tidak sebagus kualitas suara yang ada pada kaset aslinya karena notebook juga menyumbangkan distorsi.
                Distorsi dapat diukur dengan menggunakan dua langkah dibawah ini, ada langkah tradisional zaman dahulu dan langkah yang kita temui saat ini atau modern, berikut uraiannya :
1.)    Langkah zaman dahulu dengan menggunakan Notch


Karakteristik dari Notch Filter adalah hanya mampu membuang 1 frekuensi saja. Sehingga jika kita menggunakan langkah ini maka setiap kali pemindahan harus nge-Tuning lagi, 1 kali Tuning membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Langkah saat ini





                Kelebihan dari langkah ini jika dibandingkan dengan langkah yang sebelumnya adalah :
1.)    Hanya 1 kali Tuning jika ingin melakukan pemindahan
2.)    Hanya beberapa detik saja untuk 1 kali Tuning-nya


Peralatan yang digunakan:
1.)    Sound System
2.)    Handphone
3.)    Kabel penghubung
4.)    Amplifier



Tidak ada komentar