SSG sebagai Modulator


Generator terdapat dua macam yaitu SSG dan FG. SSG adalah Standart Signal Generator. Sedangkan FG adalah Function Generator. Adapun perbedaan antara SSG dengan FG yaitu


SSG
FG
Memiliki Frekuensi yang lebih tinggi
Memiliki Frekuensi yang lebih rendah
Hanya dapat membentuk gelombang sinus
Dapat membentuk gelombang sinus, kotak, dll

Pada pembelajaran kali ini terdapat SSG pada percobaan tersebut sebagai carier yang berfungsi sebagai pembawa/penghasil/sumber sinyal frekuensi. Lalu di salurkan pada modulator. Dimana pada modulator terdapat AM dan FM yang dinamakan dasar sistem komunikasi. Pada pembelajaran ini terdapat kabel penjapit buaya sebagai antena dalam penyalur frekuensi. Dimana cara kerja alat tersebut yaitu radio dengan frekuensi tertentu akan menangkap gelombang yang terpancar dari SSG yang di beri kabel penjepit buaya. Dimana radio tersebut akan menangkap gelombang dari sumber atau pemancar yang terdekat. Hal ini di karena kan, radio akan mengambil gelombang dari pemancar yang terdekat yaitu SSG yang di beri penjapit buaya. Pada SSG, terdapat frekuensi internal yaitu 400Hz dan 1KHz. Ketika SSG di extra dengan Handphone yang di putar MP3 nya dan di beri kabel penghubung sebagai antena lalu di dekatkan dengan radio dengan jarak tertentu maka musik atau lagu yang di putar akan masuk ke dalam radio.
Gambar SSG ( A ) dan FG ( B )







Persamaan pemodulasi

SSG bila di cek dengan osciloscope maka gelombang yag di hasilkan adalah sinus. Alat yang di gunakan untuk menumpangkan antar sumber frekuensi disebut modulator. Dalam modulator, carier termodulasi.
 Adapun persamaan carier yaitu

 Vc(t)=  sin 2 π  t

Selain persamaan carier, ada juga persamaan pemodulator yaitu

 Va(t)=  cos 2 π  t

Modulasi adalah sistem. Modulator adalah alatnya.
Syarat modulasi yaitu

Fc lebih besar dua kali sama dengan f1.
Osciloscope gelombangnya bergerak terus karena, AM terdapat dua gelombang yaitu carier dan informasi dan arus memiliki perbandingan n (bulat). Hal ini ada pada aturan osciloscope.

 Ada persamaan sinus pada matematika. Salah satunya adalah sebagai berikut

2 sin α cos β = sin ( α+β ) + sin ( α-β )
A sin α B cos β =  sin ( α+β ) +   sin ( α-β ) 



Tidak ada komentar