Operasi Sinyal MATLAB

Lanjutan dari posingan sebelumnya, Perlu diketahui bahwa antara gelombang pertama dan kedua memiliki fase dan frekuensi yg berbeda. Gelombang pertama memiliki frekuensi 1 Hz, sedangkan gelombang kedua memiliki frekuensi 2Hz. Dalam matematis dituliskan :







g(t) = f(t) + h(t) = sin(πft) + sin(2πft). Sehingga pasti terjadi perubahan bentuk gelombang setelah dijumlahkan. Amplitude masing masing gelombang sebelum dijumlahkan adalah 1, ketika dijumlahkan nilai amplitudonya menjadi 2.



Setelah diubah nilai frekuensi pada gelombang kedua, hasil penjumlahan kedua sinyal berbeda dengan hasil penjumlahan sebelumnya. Gelombang kedua diberikan nilai frekuensi 10 Hz dengan fase 900.



berikut ini keadaan dimana pha2  bernilai 0,1*pi atau pi/10. Fase dari kedua gelombang tidak terlalu berbeda banyak.



Percobaan nomor 4 adalah tentang perkalian dua buah sinyal. Dalam operasi matematika perkalian antar 2 sinyal, setiap komponen ke-t sinyal pertama dikalikan dengan komponen ke-t sinyal kedua. Setiap komponen dari sinyal pertama dikalikan dengan komponen sinyal kedua untuk setiap nilai t yang sama. Secara matematis dapat dituliskan: g(t)=f(t) x h(t)= sin(πft) x sin(2πft+π/2). Sehingga hasil perkalian kedua sinyal tersebut adalah sebagai berikut. karena ini perkalian, tidak ada perubahan terhadap amplitudonya. Nilai amplitude kedua sinyal adalah 1. Jadi setelah dikalikan, nilainya tetap 1 

2 komentar: