Koneksi Gammu dengan Mysql Database

Pada tutorial sebelumnya saya telah menjelaskan tentang bagaimana cara menginstall Gammu SMS Gateway ke PC atau laptop anda.Tapi pada tutorial sebelumnya disini,hanya menjelaskan sampai koneksi modem anda dengan PC sehingga software gammu dapat mendeteksinya.Jadi Intinya Modem anda telah di support oleh software Gammu.Pada Tutorial yang akan saya bahas ini meliputi koneksi Gammu dengan MySql database atau menggunakan PhpmyAdmin.Oke,langsung saja untuk setingan dan database anda bisa download disni


Kemudian setelah anda Download database gammu diatas,silahkan import semua dalam satu database.Tipsnya semua tabel gammu harus ada dimana website anda diinstall database gammu wajib di import jika anda menggunakan SMS Gateway.

Selanjutnya mari kita lihat sourcecode di File direktory Gammu,bagi yang belum punya silahkan download disini.buka file bernama smsdrc yang berada di folder bin.Tambahkan atau ruba sampai seperti ini.


[gammu]
device = com45:
connection = at115200
[smsd]
port = com45:
connection = at115200
service = mysql
phoneid = Phone1
PIN = 1234
logfile = smsdlog
debuglevel = 0
commtimeout = 30
sendtimeout = 30
checksecurity = 0
user = root
password =
pc = localhost
database = databaseku
driver = mysql


Sekedar penjelasan,baris gammu berupakan dimana Modem anda di hubungkan ke PC dengan indikasi pada device manager adalah PC Interface dan tulis lokasi portnya di device.Kemudian pada baris smsd adalah fungsi dimana gammu akan menerima dan mengirim SMS. Pada bagian "database" isi dengan nama database dimana anda telah meng import database dari gammu.



Jadi secara sederhana,sms yang dikirim akan melalui tabel outbox terlebih dahulu kemudian di proses oleh gammu dan dimasukkan ke tabel sentitem.Kemudian jika ada sms masuk,maka akan masuk pada tabel inbox.Selengkapnya bisa lihat gambar diatas,dan dibawa ini contoh tabel outbox yang akan di olah ole Gammu.






Sekian tutorial dari saya,nantikan tutorial SMS Gateway selanjutnya 




Tidak ada komentar