Macam dan Cara Pemilihan Orbit Satelit

Lama tidak menulis artikel telekomunikasi,kedepan saya akan terus menulisnya sekaligus catatan kerja hehe.Kita tau satelit adalah benda luar angkasa yang mengililingi bumi.Namun padadasarnya satelit punya lintasannya sendiri.Sama seperti planet,satelit juga memiliki orbit.Ketika satelit diluncurkan, benda tersebut melayang di sekitar bumi. Gravitasi bumi menahan satelit berada pada jalur tertentu tempat dia mengitari bumi, jalur tersebut yang disebut dengan "orbit“.Ilustrasinya seperti gambar dibawah ini,tulisan LEO,MEO dan Gedo adalah keterangan orbitnya.








Orbit Rendah (Low Earth Orbit, LEO): 300 - 1500km di atas permukaan bumi. Orbit

Menengah (Medium Earth Orbit, MEO): 1500 - 36000 km diatas permukaan bumi.. Orbit

Geosinkron (Geosynchronous Orbit, GSO): sekitar 36000 km di atas permukaan Bumi. Orbit

Geostasioner (Geostationary Orbit, GEO): 35790 km di atas permukaan Bumi.

Orbit Tinggi (High Earth Orbit, HEO): di atas 36000 km.

Orbit Khusus : Orbit Molniya, orbit satelit dengan perioda orbit 12 jam dan inklinasi sekitar 63°.

Orbit Sunsynchronous, orbit satelit dengan inklinasi dan tinggi tertentu yang selalu melintas ekuator pada jam lokal yang sama. Orbit Polar, orbit satelit yang melintasi kutub


Oke,kita sudah tau berbagai jenis orbitnya.Namun untuk kebutuhan tertentu misalnya,stasiun TV di orbit manakah kita seharusnya meletakkan satelit? Berikut metode pemilihan orbitnya.

Pemilihan Orbit


Orbit yang dipilih untuk satelit tergantung pada aplikasinya, misalkan : untuk siaran televisi langsung menggunakan orbit geostasioner untuk telepon satelit mengorbit di Low Earth. Orbit satelit aktual yang dipilih tergantung pada fungsinya dan daerah yang akan dilayani. Untuk orbit Low Earth LEO satelit mungkin serendah 100 mil (160 km) Untuk orbit Geostasioner mungkin lebih dari 22 000 mil (36.000 km)






Ada dua Arah rotasi satelit di sekitar Bumi, yaitu:

  Posigrade: Rotasi mengelilingi bumi dikatakan posigrade ketika berputar dalam arah yang sama dengan rotasi Bumi. Retrograde: Rotasi mengelilingi bumi dikatakan retrograde ketika berputar dalam arah yang berlawanan dengan rotasi bumi

 Ground track: Jalur ground satelit adalah titik di permukaan bumi di mana satelit di atas kepala ketika bergerak di seluruh dunia. Hal ini membentuk sebuah lingkaran yang memiliki geocentre di pusatnya. 


Tinggi Satellite: Banyak perhitungan orbit perlu untuk mempertimbangkan ketinggian satelit di atas geocentre.Seperti ketinggian di atas bumi ditambah jari-jari Bumi. Hal ini umumnya diambil adalah 3960 mil atau 6370 km.

 Kecepatan Orbit: Untuk orbit lingkaran itu selalu sama.Namun dalam orbit elips ini tidak terjadi karena kecepatan perubahan tergantung pada posisi orbit. Mencapai maksimum saat berada dekat dengan Bumi,sehingga melawan tarikan gravitasi terbesar.

 Sudut elevasi:  sudut di mana satelit muncul secara horizontal. Jika sudut terlalu kecil maka sinyal dapat terhalang oleh benda-benda di dekatnya

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar