Ayo Gotong Royong Tingkatkan Energi Nusantara !

PLN adalah perusahaan besar yang termasuk dalam BUMN dan sudah lama bersama dengan masyarakat.Tak terasa  sudah 69 tahun PLN jadi bagian kehidupan bangsa.Dalam hal melayani energi listrik  tentunya PLN sudah sangat handal,karena perusahaan ini dikelola dengan sistem yang sangat baik.Dalam hal pelayanan publik tentunya menilai positif dan ada pula yang negatif,sudah menjadi hal biasa.Bertujuan untuk semakin mengembangkan  dan melakukan inovasi - inovasi baru ,banyak masyarakat yang setuju maupun kurang setuju.Namun semua itu kembali pada pilihan masyarakat karena PLN terus berkembang kedepan.

Saat ini pelanggan PLN tersebar diseluruh wilayah Indonesia,namun pemerataan transmisi listrik diluar jawa masi dalam proses penyempurnaan.Pada umumnya pelanggan PLN saat ini dapat melakukan instalasi listrik dengan cara menghubungi pihak PLN.Kemudian pelanggan akan mendapatkan kWh meter digital.Saya sendiri yang masi numpang rumah dengan orang tua :D.Menggunakan kWh meter digital yang mempunyai fitur isi saldo melalui voucher.



Selama ini saya juga banyak mebantu ayah dalam proses pembayaran listrik PLN. Dulu ketika keluarga kami menggnakan kWh meter reguler,pembayaran listrik kita ke kantor PLN cabang terdekat. Sekarang keluarga kami mengunakan kWh meter digital dengan fitur isi saldo. Jadi kita tidak ke kantor PLN untuk melakukan pembayaran,namun saya membeli voucher dipenjual  saldo terdekat.





Untuk pelayanan PLN kepada masyarakat saya punya celotehan yang bisa disebut ide (hehe) untuk PLN .


1. SMS Pembelian Saldo

Pada program listrik pintar,pelanggan membeli saldo listrik dan mendapat voucher untuk melakukan pengisian ulang.Nah,disini saya punya ideku untuk PLN pembelian saldo listrik via SMS. Jadi pelanggan dapat sms dengan formmat dan nomor tertentu untuk melakukan pengisian saldo listrik,kemudian pelanggan mendapat balasan SMS berisi kode voucher.Biaya yang digunakan diambil dari saldo pulsa pelanggan.Untuk kedepannya PLN dapat bekerjasama dengan operator tertentu untuk menjalankan program ini.


   layanan i-sms dari PLN

Apakah dapat diterapkan?
tentu saja bisa,kita tau PLN punya program i-sms untuk mengetahui tagian dan melakukan pengaduan dengan cara SMS. Jadi secara teknologi SMS pembelian saldo listrik dapat dijalankan karena menambah fitur program i-sms dari PLN. Sekedar info saat ini sudah ada operator seluler yang menerapkan pembayaran beli barang melalui pulsa.

Apa Manfaatnya?
Karena tidak hanya PLN yang melayani penjulan saldo listrik,kemungkinan buruknya pelayanan pihak ke 3 ini menyebabkan keluhan terhadap masyarakat.Dengan sistem pembelian pulsa melalui SMS ini,dapat meminimalisir keluhan dan sangat memudahkan masyarakat dalam hal pembelian saldo .

Sistem:


Dari gambar diatas menggambar ilustrasi ketika pelanggan membeli saldo listrik dengan mengetik format SMS seperti ISI Nominal saldo ID Pelanggan kemudian kirim ke 123.Ini merupakan format contoh yang saya buat atas ide saya.



2.Variasi kWh meter


Pada layanan terbaru PLN,perusahaan listrik negara ini mengeluarkan inovasi  kWh meter digital dengan input nomor.Fungsinya untuk memasukkan kode pengisian saldo pulsa pelanggan. Dibandingkan dengan kwh meter lama,meteran versi digital ini memiliki fitur canggih. Selain dapat mengisi saldo listrik,alat ini juga punya reminder dengan mengeluarkan bunyi untuk mengingatkan penggunanya ketika saldo tinggal sedikit. Ini merupakan alat inovasi dari PLN yang memudahkan pelanggannya. Kelebihan lain alat ini adalah dapat menghilangkan masalah kesalahan mencatat petugas dan tidak ada orang yang kaget masalah tagian listrik tiba-tiba membengkak. (Yang terakhir,berdasarkan pengalaman pribadi sih haha)


Namun dari alat inovasi PLN berupa kwh meter, saya punya ide tambahan pada kWh meter dari PLN tersebut.Teringat Tugas Akhir kawan saya,yang membuat mikrokontroler dengan tambahan rangkaian modem dan SIM card sehingga memiliki  fitur  sms gateway. Nah,nantinya teknologi ini bisa ditambahkan sebagai variasi kWh meter dengan tambahan fitur SMS.Sebelum saya mulai menjelaskan ide saya yang satu ini, kita sepakati dulu nama dari kWh meter dengan fitur SMS gateway adalah New kWh meter.

Sepakat?

harus.. hehe



Apa manfaatnya ?
Adanya New kWh meter dengan fasilitas SMS gateway memudahkan pelanggan untuk pengecekan saldo listrik yang akan habis. Ketika pelanggan punya lebih dari satu rumah yang telah dipasang New kWh meter,pelangan dapat mengcek sisa saldo pada kWh meter tersebut. Mengingat pelanggan PLN dari berbagai golongan ekonomi,variasi kWh meter merupakan inovasi yang tepat.


Sistem:




Ide tambahan fitur pada New kWh meter antara lain:

1.SMS Reminder
Pada kWh meter digital saat saldo listrik akan habis alat ini akan mengeluarkan bunyi,sehingga tetangga sebelah pun terdengar hehe.Namun pada New kWh meter,ketika saldonya akan habis maka alat ini akan SMS ke nomor pelanggan yang bersangkutan. New kWh meter dapat mengirim SMS melalui modem yang terpasang pada alat tersebut.Sehingga dimana pun posisi pelanggan saat itu,akan mendapat SMS berisi pemberitahuan saldo akan habis dari kWh meter.




2.SMS Auto reply
Dimanapun lokasi pelanggan,pelanggan dapat memantau sisa saldo listrik pada kWh meter. Sehingga pelanggan dapat mempersiapkan waktu untuk membeli saldo listrik. Saya contohkan dengan gambar dibawah ini,dengan mengetik format sms CEK STATUS lalu dikirim ke nomor yang terpasang di modem  kWh meter. Hasilnya pelanggan akan mendapatkan informasi sisa saldo listrik pada kWh meter.



3.SIM Card dan Modem
Layaknya handphone yang menggnakan SIM Card dari operator seluler,pada New kWh meter ini rencananya juga menggunakan SIM Card dari operator seluler kemudian dipasang di rangkaian modem. Jadi agar bisa mendpat SMS reminder dan SMS autoreply dari kWh meter nomor SIM Card ini juga harus diisi pulsa.

Q: wah jadi repot pakai isi pulsa SIM Card ?

A: Bukan masalah, sudah sewajarnya fasilitas lebih juga menggunakan perawatan lebih ,

toh ini juga variasi produk.  


Intinya saran saya adalah PLN punya variasi produk kWh meter dan memberi kebebasan pelanggan untuk memilih jenis kWh meter yang akan digunakan




3. Video Tutorial

Berdasarkan pengalaman saya setiap membuka akun sosial media PLN baik di facebook maupun di twitter.Selalu ada saja masyarakat yang memberi pernyataan "kurang paham" atas prosedur dari PLN baik melalui gambar yang terpasang di website atau brosur. Dari sini kita dapat evaluasi,atas informasi yang dibagikan oleh PLN kepada masyarakat.Petunjuk dan tutorial sanngatlah penting untuk memudahkan pelanggan dalam penggunaan listrik dengan baik dan benar. Selain itu juga dapat membantu tugas karyawan dalam memberi penjelasan ke pelanggan.



Gambar dari twitter @pln_123


Ide saya yang satu ini adalah dengan membuat video tentang petunjuk atau totorial yang sering diberikan PLN kepada pelanggannya. Seperti Video Alur Pemasangan,Alur Pendaftaran,dll.Sehingga pelanggan PLN dapat lebih mudah memahami petunjuk lewat visual dan audio.



Apa manfaatnya?
Dengan kondisi pemahaman orang yang berbeda-beda terhadap setiap petunjuk yang berikan PLN,menurut penjelasan melalui video adalah yang paling efektif. Karena tidak menutup kemungkinan orang yang ingin tau informasi tlur pemasagan (contoh) tidak bisa membaca. Jadi video ini merupakan solusinya untuk menjangkau semua kalangang.Karena kita dapat melihat dan mendengar dengan jelas gambar dan suara melalui video.

Nantinya dalam video tersebut bisa juga diperankan oleh maskot PLN untuk menjelaskan petunjuk atau tutorial dari PLN.Setelah itu video tersebut bisa tampilkan didalam website resmi PLN. Berikut contoh video penyuluhan listrik pintar oleh PLN dan AMIKOM PURWOKERTO,namun sayangnya belum di cantmkan ke website PLN dan beberapa bagian menggunakan bahasa daerah.

  






4. Chat via Web


PLN memiliki layanan fasilitas untuk komunikasi dengan pelanggan melalui 123.Pada layanan ini pelanggan dapat menghubungi PLN via telp/HP  ke nomor 123.Karena pengguna internet dewasa ini semakin banyak dan berkembang,maka saran saya adalah komunikasi pelanggan dan PLN melalui media online. Misalnya sebuah fitur chat di website PLN.co.id memudahkan customer atau masyarakat untuk berkomunikasi dengan PLN. Untuk keamanan berkomunikasi PLN menyediakan fitur registrasi dan login untuk pelanggan ketika akan menggunakan fitur chat diwebsite PLN.




Apa manfaatnya?
Dari pengamatan saya pada fanspage facebook PLN dan akun twitter PLN_123. Banyak sekali masyarakat yang mengutarakan keluhan dan sarannya ke dinding halaman.
1.Meskipun respon dari admin juga terbilang cepat,namun jika semakin banyak masyarat yang menuliskan sesuatu didinding halaman dikawatirkan sang admin akan kualahan yang mengakibatkan "Low respons".

2.Begitu juga dengan komentar para pelanggan PLN di twitter,tentunya ada yang komentar baik ada pula yang berkomentar buruk. Apalagi di jejaring sosial twitter yang sifatnya terbuka,artinya setiap orang bisa membacanya. Oleh karena itu fitur chat dapat memperbaiki pelayanan kepada pelanggan.

3.Penggunaan fitur registrasi dan login berguna mempercepat petugas dalam menindak lanjuti keluhan,jadi bisa tau nama,ID PEL, no HP,alamat pelanggan  karena pada saat registrasi pelanggan sudah memasukkan datanya,kemudian sebelum chat pelanggan harus login terlebih dahulu.

 Dengan adanya fitur chat di website PLN, ini juga memerlukan lebih dari 1 Customer Service dari PLN untuk melayani masyarakat. Paduan online dari manusia,nantinya fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain,seperti konfirmasi pembayan,pengecekan tagihan, dan informasi lainnya.







5.Kompetisi Nasional

Kita tau bahwa banyak anak muda indonesia yang menemukan energi terbarukan.Namun sayangnya jarang sekali diliput oleh media.Ketika diliputpun beritanya hanya muncul sekali dan tak berkelanjutan. Untuk mendorong masyarakat menciptakan teknologi terbarukan. Perlu adanya reward khusus agar semangat dalam penelitiannya. Seperti halnya Medkominfo punya kompetisi tahunan dibidang teknologi informasi yang bernama INAICTA. Oleh karena itu,ide saya yang satu ini adalah dengan cara PLN berkerjasama dengan Dinas ESDM membuat sebuah event  tahunan nasional  berupa kompetisi bertema inovasi energi,misalnya untuk SMA,SMK dan Mahasiswa. Kompetisinya berupa lomba penciptakan alat penghasil energi listrik khususnya, bisa juga berupa ujian tulis.




Gambar diatas adalah  contoh poster kompetisi energi nasional.Nama "Charge" pada gambar tersebut adalah contoh nama event akbar yang diadakan.


Apa manfaatnya?

1.Dengan adanya kompetisi ini dapat mendorong semangat anak muda indonesia untuk berkarya,serta dapat menjadi wadah anak muda indonesia dalam pengembangan energi nusantara.

2.Karena nanti seusai kompetisi, peserta akan mebentuk sebuah forum komunikasi (FORKOM) energi nusantara baik dikehidupan nyata,di facebook atau jejaring sosial lainnyya.

3.Manfaat lainnya adalah negara  INDONESIA yang kaya akan Sumber Daya Alam ini selalu punya penemuan energi terbarukan dari para pemudanya.

Jika kompetisi ini diadakan setiap tahun,hasilnya kita selalu punya inovasi energi dari anak bangsa. Jadi tidak perlu kawatir masa depan energi bangsa ini,karena kita sudah punya wadah orang -orang yang meningkatkan energi nusantara.


6.Instalasi Listrik Tenaga Surya


Pada ide saya ini tidak berhubungan dengan ide ide saya sebelumnya karena ide saya yang satu ini membahas tentang pendistribusian listrik ke daerah pelosok.Perlu kita tau bahwa pendristribusian listrik diluar jawa masi belum merata.Saat ini saya memiliki 2 teman satu jurusan yang tinggal didaerah Tanjung Selor (Kalimantan) dan Medan (Sumatra) . Pada bulan september lalu di daerah Medan kabarnya sering terjadai pemadaman listrik dengan durasi rata-rata 2 jam, dan didaerah tanjung selor masi ada beberapa titik lokasi yang belum terdapat listrik.Ide saya adalah agar PLN menyediakan instalasi listrik tenaga surya didaerah daerah yang banyak penduduk namun medannya sukar untuk mentransmisikan listrik.




Jadi PLN yang saat ini menyediakan instalasi listrik dengan fasilitas kwh meter.Harapannya kedepan akan memberikan fasilitas instalasi listrik dengan fasilitas alat Solar cell,baterai dan controler. Baterai/Aki disini fungsinya untuk menyimpan daya yang telah diserap oleh solar cell,kemudian baterai tersebut dihungkan ke controller yang menguba DC ke AC lalu ke  perangat listrik. Namun PLN harus menentukan standart alat dari sistem yang akan digunakan supaya kualitasnya baik. Dalam menentukan alat atau perangkat PLN bisa bekerjasama dengan perushaan yang sudah membuat perangkat untuk Home Solar  System,


Apa Manfaatnya?
Pendapat saya,dengan layanan seperti Home Solar System ini  dapat membantu kebutuhan listrik masyarakat yang berada di pelosok nusantara yang umumnya sangat sulit untuk terjangkau infrastruktur listrik. Sama halnya dengan listrik pintar,pelanggan dapat mengatur sendiri penggunaan listrik sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah contoh kebutuhan daya listrik sebuah tempat tinggal dengan beberapa peralatan elektronik 



No
Jenis Peralatan
Banyaknya ( Unit )
Besar Daya
( Watt )
Lama Pemakaian
 ( Jam )
Jumlah PemakaianDaya / Jam
1
Lampu LED
10
5
5
250
2
TV 21 inch
1
100
5
500
3
Kipas Angin
1
50
5
250
4
Komputer
1
150
5
750
5
Perangkat Lainnya
-
400
-
400

Total Kebutuhan Daya ( Watt / Hour )
2.150

Jumlah Panel Surya / Solar Cell yang dibutuhkan   ( perhitungan adalah 5 jam maksimun tenaga surya ) :
  • Kebutuhan panel surya / solar cell  : (2150 x 2)  / 5 = 860 WP  à  9 x 100 Wp ( 9 buah solar panel 100 WP )

  • Kebutuhan Baterai  : 2150 x 2 / 12 V = 358 Ampere ( jika besar baterai adalah 100 AH ), maka baterai yang dibutuhkan adalah 4 buah baterai.




Dari beberapa Ide diatas sebenarnya PLN sudah punya program bagus yang sangat bermanfaat untuk masyarakat.Namun belum banyak diterapkan di seluruh daerah di Indonesia. Oleh karena itu pemerataan program yang sudah ada juga diperlukan. Program PLN yang sangatbagus dan belum merata,antara lain:


7.Bank Sampah

Menurut saya ini program dari CSR PLN yang aling mesankan karena  namanya yang unik dan banyak manfaatnya. Kebetulan program ini berada dikota saya,tepatnya didaerah Gunung Anyar Tambak Surabaya . Untuk menyelesaikan masalah lingkungan didaerah tersebut Tim CSR membangun bank sampah ditepi sungai.  Tim JICA ( Japan International Coorporatiaon Agency ) sudah dua kali berkunjung ke lokasi, bahkan pada kahadirannya yang kedua, tanggal 6 November 2012 , Tim JICA membawa serta perwakilan kota-kota di negara-negara Asean, untuk melihat langsung pola perubahan prilaku masyarakat setempat dalam mengelola sampah. Keren kan?


Pogram ini perlu dilebarkan ke seluruh Indonesia ,karena dengan adanya program seperti ini,masyarakat sekitar akan terdorong untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Nasabah yang terdaftar turut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mendapat dana tambahan.



8.Mobil Edukasi Lingkungan Hidup


Pengalaman saya ketika kagum saat melihat Mobil edukasi lingkurangan hidup keliling melintas dihadapan saya. Ketika saya ikuti,rupanya mobil ini menuju ke halaman sekolah. Ternayata didalam mobil ini berisi orang orang yang akan bersosialisasi tentang kebersihan lingkungan di sekolah tersebut.Selain melakukan sosialisasi mobil ini juga menyediakan buku buk bacaaan bagi siswa -siswi. Mobil ini terdapat logo anak perusahaan PLN yaitu PT.Pembangkit Jawa Bali  (PJB) dan mobil keren ini memiliki fitur tenaga surya ini juga keliling kota surabaya untuk memberikan sosialisasi kebersihan sejak dini kepada masyarakat.



Saya bayangkan saja ketika setiap kota ada program seperti ini,pasti wawasan anak-anak akan semakin bertambah dan cinta lingkungan. Selain itu program dari tim tunas hijau ini juga memberi gelar pada sekolah sekolah bersih dan indah. Contohnya adalah gelar Surabaya ECO SCHOOL AWARD  dan ECO PERSON OF THE YEAR. Dengan adanya program ini memacu tiap sekolah untuk mengajarkan anak didiknya untuk menjaga lingkungan agar mendapatkan ECO SCHOOL AWARD.


9.PLN Siap Beli Listrik EBT Dari Masyarakat

 Seperti pernyataan saya sebelumnya, banyak masyarakat INDONESIA yang telah menemukan inovasi Eenergi Baru Terbarukan(EBT). Namun sayangnya biasanya para penemu ini hanya sampai tahap "sukses riset".  Kemudian hasil penemuannya itu tidak dilanjutkan apalagi ke tahap implementasi dan produksi. Nah saya sangat senang ketika membaca artikel di website ESDM ada artikel berjudul PLN Siap Beli Listrik EBT Dari Masyarakat.

"Kebutuhan listrik di Indonesia masih sangat tinggi. Di sisi lain, kita sudah mempunyai Peraturan Menteri ESDM yang mengatur tentang harga beli listrik untuk daya dibawah 10 MW. Artinya, PLN bisa membeli listrik langsung dari masyarakat yang menggunakan energi terbarukan. Namun, dari Permen itu masih dibutuhkan pedoman untuk mengatur bagaimana listrik dibawah 10 MW bisa dibeli dengan cepat oleh PLN dengan prosedur yang sudah pasti. Dengan prosedur yang pasti, technical yang pasti, diharapkan kecepatan menyerap listrik dari energi terbarukan ini bisa turut memenuhi pertumbuhan listrik tersebut," ujar Adnyana dalam workshop pedoman penyambungan pembangkit listrik energi terbarukan ke sistem distribusi PLN, Kamis (3/4/2014).

Sebagai penyedia listrik terbesar di tanah air, PLN sangat mendukung upaya masyarakat menggunakan listrik dari energi terbarukan itu, Pertumbuhan listrik di Indonesia masih cukup tinggi. Pada 2013 saja tumbuh 7%, dan dalam dua bulan pertama tahun 2014, tumbuh rata-rata 9% meski tidak merata. Seperti di Jawa Bali, tumbuh 8,2%, di Sumatera 9,6% dan Indonesia Timur tumbuh 14%, .(sumber: 3)


Dari berita diatas menurut saya agar lebih mempublikas informasi  ini karena sekali lagi saya ungkapkan banyak masyarakat INDONESIA yang telah menemukan energi terbarukan,namun belum dapat cara implementasi masal dan produksi. Oleh karena itu,untuk info sekelas ini bisa diinformasikan lebih seperti ke kampung,perumahan,sekolah atau kampus. Sehingga mendorong masyarakat untuk melakukan inovasi meningkatkan energi nusantara.

Kemudian  paling saya soroti adalah "prosedur ",karena publikasi yang menurut saya belum gencar. Jadi saran saya PLN lebih memperinci prosedurnya seperti gambar diatas,menurut saya informasi pengajuan EBT harusnya tertera di website PLN. Jadi masyarakat dapat mengkses informasi pengajuan EBT dengan bebas dan jelas.




Pada gambar diatas,konsep saya adalah mesyarakat mengakases website PLN dengan sub domain misalkan ebt.pln.co.id ,kemudian mendaftar sebagai member. Setelah menjadi member,pendaftar dapat mengajukan berkas dengan format yang telah ditentukan dengan cara upload ke website. Dalam proses pengajuan ada juga proses persetujuan atau penilaian dari tim PLN,ketika pengajuan EBT disetujuhi maka tim PLN akan memberi info melalui email kemudian meninjau langsung EBT ke lokasi member,kata disetujuhi disini maksudnya adalah "layak diresmikan atau layak diterapkan masal" jadi masi dalam tahap uji coba. Jika EBT belum disetujuhi maka tim PLN akan memberikan penilaian dan hasil evaluasi  kepada member,supaya member dapat terus mengembangkannya. Sehingga antara tim PLN dan masyarakat dapat gotong royong meningkatkan energi nusantara


10.Terus Berinovasi


Dalam  perkembangannya energi nasional semakin pesat,penemuan sumber energi listrik juga semakin banyak. Mulai dari pemanfaat biomassa,kotoran hewan,agin,dll sebagai energi listrik. Baru baru ini Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Tongkang Jagung Pertama Di Indonesia, diresmikan


Menteri BUMN memberikan apresiasi kepada PT PLN khususnya kepada 7 anggota Tim dari PLN Area Gorontalo yang berhasil membangun PLTB yang memanfaatkan tongkol jagung ini. "Saya bangga, ternyata putra-putra terbaik di PLN sudah mampu membuat mesin pembangkit listrik tenaga biomassa" lanjut Dahlan Iskan.

“Ide awal untuk pembangunan PLTB di Gorontalo ini adalah atas challenge yang diberikan oleh Direktur (Operasi Indonesia Timur) PLN, Vickner Sinaga sekitar 2 tahun lalu kepada PLN Gorontalo untuk memikirkan bagaimana caranya untuk bisa menghasilkan listrik dengan melihat potensi lokal yang banyak tersedia di Gorontalo”, ujar GM PLN Suluttenggo, Santoso Januwarsono. (sumber: 4)



Tidak hanya tongkang jagung,masyarakat juga sudah membuat pembangkit listrik lain seperti tenaga ombak,tenaga sampah,tenaga suhu dan masi banyak lagi.Saya salut sekali karena tim PLN bisa meresmikan cara yang sederhana untuk mendapat energi listrik. Harapan saya semoga di daerah lain terutama di daerah yang belum mendapat distribusi listrik juga menemukan energi listrik alternatif untuk tetap berkerja dan berkarya.



Nah di akhir tulisan,saya tau semua yang saya tulis pada artikel ini tidak dapat  diterapkan  secara kesuluruhan. Namun setidaknya saya menuangkan ide ide saya untuk PLN demi  kemajuan energi listrik indonesia baik dari segi teknologi dan pelayanan. Semoga apa yang sata tulis di blog saya yang sederhana ini dapat membawa manfaat yang banyak bagi PLN maupun masyarakat untuk gotong royong meningkatkan energi nusatara. Sukes dan terimakasih banyak untuk PLN khususnya HUMAS yang telah mengadakan lomba blog seperti ini dan CSR yang sangat rersponsive dengan masyarakat.









Sumber:


1.I-sms (info dan gambar)  : http://www.pln.co.id/disjaya/?p=904

2.Tunas Hijau (info dan gambar) : http://surabayaecoschool.tunashijau.org/penghargaan-2013/


3.ESDM  (info ) :  : http://esdm.go.id/berita/listrik/39-listrik/6777-pln-siap-beli-listrik-ebt-dari-masyarakat.html

4.ESDM Jagung  (info dan gambar) :  :  http://esdm.go.id/news-archives/323-energi-baru-dan-terbarukan/6878-pembangkit-listrik-berbahan-bakar-tongkang-jagung-pertama-di-indonesia-diresmikan.html

5.Bank Sampah  (info dan gambar): http://www.pln.co.id/blog/csr/

6.Twitter PLN : https://twitter.com/pln_123/

7.Pembangkit Listrik Tenaga Ombak  (gambar) : :  http://bisnisukm.com/inovasi-pembangkit-listrik-tenaga-ombak.html

8.Pembangkit Listrik Tenaga sampah  (gambar) :: http://blogs.voanews.com/indonesian/kontes-ngeblog-voa/2012/07/01/inovasi-baru-pembangkit-listrik-tenaga-sampah/

9.Pembangkit Listrik Tenaga suhu   (gambar) : :  http://kampus.okezone.com/read/2013/01/24/372/751052/inovasi-ub-pembangkit-listrik-bertenaga-suhu/large

10. Video Listrik pintar : https://www.youtube.com/channel/UCJsGpR1qwycDCAGXDZ89JIA

11 .Solar Cell  (info dan gambar) : : http://kedaikita13.blogspot.com/2013/05/pembangkit-listrik-ienaga-surya.html


14 komentar:

  1. Wah blogpost "Ayo Gotong Royong Tingkatkan Energi Nusantara !" ini sangat menginspirasi.

    Ternyata banyak sekali ya masukan dari blogger untuk membuat PLN lebih baik.

    Postingan ini diikutkan lomba blog Ideku untuk PLN ya?

    BalasHapus
  2. dirumah sering pemadaman i_i
    semoga PLN bisa berbenah diri

    kunjungi dan komen
    http://bundabikay.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya buh, terus PLN berbena dan berkembang

      pendapat saya pemadaman ada 3 kemungkinan ,kalau terjadi bencana alam, perbaikan/penambahan infrastruktur dan terjadi kerusakan.human error

      Hapus
  3. PLN memang harus banyak berkreasi dan mengggali sumber2 energi.
    Pak Jokowi pernah mengritik karena bahan bakarnya bensin, katanya harus pakai batubara yang murah.
    Mari kita lihat apakah dalam pemerintahannya nanti akan menerapkan apa yang diucapkan itu
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak semoga saja bisa lebih baik dan bermanfaat untuk kita semua

      Hapus
  4. Mantab idenya,g kepikiran kalau bisa Chat via website

    selamai ini bapak telp ke 123

    BalasHapus
  5. Karena blog kamu memang banyak membahas soal kelistrikan atau tehnik mesin, emang cocok banget ngasih ide ke PLN seperti yang kamu tuils ini. Smg orang PLNnya tertarik, hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, nyambung banget
      Alhamdulilah dapet hadiah hiburan

      Hapus
  6. wah selamat ya....

    O ya, main-main yuk ke blog saya, bisa lihat-lihat perumahan murah di daftarperumahanmurah.com

    BalasHapus
  7. MIn adain chat web dong....biar bisa konsul

    BalasHapus