Dasar Belajar Matlab

Dalam menggunakan MatLab, terdapat 2 cara yang digunakan untuk me-running suatu persamaan pada suatu program. Yaitu melaui command window dan matlab editor. Dalam hal ini saya menggunakan matlab editor, karena mengurangi terjadinya kesalahan selama menulis persamaan. Apabila menggunakan command window, perintah yang sudah diketik tidak dapat di delete jika terjadi kesalahan. Oleh karena itu command window rawan terjadi error. Misalkan contoh Pada permasalahan  diketahui persamaan. *PERINGATAN (tanda ^ = pangkat) :D


 y(t)=30t+2 dan z(t)=50t^2-3

Awalnya memberikan definisi nilai terhadap t yaitu t=0:1:100. Kemudian memasukkan nilai t ke dalam persamaan y(t) dan z(t). karena kedua persamaan ini akan diletakkan kedalam 1 grafik, maka tidak perlu dilakukan definisi lagi terhadap t. setelah memasukkan persamaan

z=50*t.^2-3;

perintah yang harus diberikan untuk menggabungkan kedua grafik persamaan adalah hold on. Baru kemudian persamaan y=30*t+2; dimasukkan juga. Untuk memberi judul menggunakan title (‘judul yang diinginkan’). ylabel dan xlabel digunakan untuk memberikan penjelas terhadap sumbu x dan sumbu y. sedangkan untuk memunculkan garis di kedua sumbu menggunakan grid. Setelah menyelesaikan persamaannya, program tersebut di run dengan memilih menu debug-save and run (F5).



Kemudian akan muncul grafik pada figure 1 seperti yang terdpat pada gambar berikut :





Untuk permasalah nomor 2 adalah membandingkan 2 kurva dari hasil menggunakan text editor dengan persamaan matematika dan merancang unsur unsur (seperti step, transfer fcn, serta oscilloscope). Rumus yang digunakan adalah

 v(t)=1-e^(-t/τ),

 dimana dalam hal ini τ dimisalkan sebagai p yang memiliki nilai 1, 0.1, dan 2. t diinisialisasi dengan t =0:1;100. Dengan cara yang sama seperti permasalahan nomor 1, untuk memunculkan ketiga kurva menjadi satu yaitu dengan menggunakan hold on. Kemudian program di run, dan keluar kurva seperti yang terdapat dibawah ini.



Sedangkan untuk cara kedua yaitu dengan memasukkan gambar rangkaian yang terdiri step, transfer fcn (yang merupakan cerminan hukum La Place dari persamaan adalah v(t)=1-e^(-t/τ)), scope yang berarti oscilloscope, serta menghubungkan ketiga komponen tersebut dengan tanda panah. Semua komponen rangkaian yang dibutuhkan didapat dari library simulink yang terdapat pada software matlab ini (komponen yang dipakai langsung di drag menuju simulinknya).



 Awalnya grafik yang dihasilkan adalah berbeda dengan grafik yang menggunakan matlab editor. Hal ini disebabkan karena terjadi kesalahan terhadap pemasukan nilai konstanta pada persamaan La placenya. Setelah semua selesai, barulah kemudian di run, dan akan muncul grafik pada scope seperti yang terlihat pada gambar berikut.

 gambar rangkaian dengan menggunakan simulink :




gambar kurva pada scope :



Kesimpulan 

  1. Matlab adalah suatu software yang dapat menyelesaikan persamaan matematika (melalui pemrograman) 
  2. Dua cara untuk menuliskan persamaan pada matlab adalah melalui current window dan matlab editor. Dua atau lebih grafik dapat dijadikan satu dengan memberikan perintah hold on.
  3. Pada persamaan v(t)=1-e^(-t/τ) bisa diselesaikan dengan cara menulis pemrogramannya di matlab editor atau dengan membuat gambar rangkaiannya di simulink.
  4.  Hasil grafik yang dihasilkan oleh simulink maupun matlab editor harus sama. Karena apabila tidak, berarti telah terjadi kesalahan dalam pemrogramannya.


Semoga dapat membantu dalam materi sinyal sistem ,mikrotontroler, praktikum dll.Sekian tutorial dari saya bila ada pertanyaan silahkan isi form komentar.

6 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pengembangan komputarisasi.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetahui lebih jauh mengenai ilmu Teknologi.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai komputarisasi yang bisa anda kunjungi di sini

    BalasHapus
  2. makasih informasinya membantu dan bermanfaat
    ST3 Telkom

    BalasHapus
  3. informasinya sangat bermanfaat

    http://st3telkom.ac.id/

    BalasHapus