Jadi Ketagihan Berkunjung ke Surabaya dan Madura

Surabaya adalah kota dengan ikon buaya dan ikan sura,selain itu kota ini juga dikenal sebagai kota pahlawan.Kota ini juga memiliki banyak sejarah perjuangan masyarakat indonesia pada zaman dahulu. Buktiya adalah adanya dengan adanya monumen tugu pahlawan dan diperingatinya hari sepuluh nopember sebagai hari pahlawan.


Sumber: klik disini


Kini tugu pahlawan menjadi icon kota Surabaya yang sangat membanggakan,selain itu Surabaya juga banyak memiliki taman taman yang indah menghiasi kota ini.Contohnya seperti taman bungkul,kebun bibit,monumen tugu pahlawan dll.Madura adalah pulau yang sangat spesial di pulau jawa.Pulau yang mendapat julukan pulau garam sendiri punya ciri khas tersendiri untuk menarik perhatian masyarakat.Contohnya karapan sapi,sate lalat,kuliner bebek dll.Dengan berbagai keunikan pada pulau madura layak untuk dijadikan tempat pariwisata Internasional.




Berbicara Surabaya dan madura tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas jembatan Suramadu.
jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini telah menjadi icon Indonesia.
Jembatan Suramadu sangat membantu masyarakat Surabaya dan madura,terutama dalam hal peningkatan ekonomi.Masyarakat surabaya dan Madaura tentu sangat terbantu dengan adanya jembatan ini,mereka tidak perlu menaiki kapal untuk menyebrang.Manfaat adanya jembatan ini bisa menghemat biaya penyebrangan laut,efisien waktu dan aman.


Sumber: klik disini



Sudah sangat banyak jasa travel maupun turis mencanegara yang mengunjungi Surabaya lalu melintas di jembatan suramadu menuju Madura.Rata-rata wisatawan ke madura melakukan kuliner bebek,lalu selesai.Padahal di Madura dan Surabaya banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti penjelasan saya seblumnya.Ini merupakan evaluasi mengenai minat para wisatawan atau masyarakat yang berkunjung ke Surabaya dan Madura.

Dari permasalahan diatas saya pribadi punya beberapa masukkan untuk menduniakan Surabaya dan Madura.



1.Sebuah papan sambutan Selamat Datang dan dena wisata

Layaknya perbatasan kota pada umumnya,selalu ada papan sambutan misallnya "Selamat datang di Surabaya".Nah dengan adanya papan ini menunjukkan kita sudah berpindah lokasi kota. Ide saya ini adalah membuat papan "Selamat datang di pulau Madura"di sertai dengann foto obyek wisata beserta alamat lokasi wisata tersebut. Sehingga dapat menarik  perhatian kepada pengunjung pulau madura,obyek wisata pulau madura pun langsung terpublikasikan dengan jelas.



                                                 Sumber: klik disini

Contohnya seperti diatas ini,namun ini hanya wilayah sumenep madura.Dari gambar ini lengkap petunjuk menuju daerah wisata di pulau madura.Gambaran dari papan wisata madura seperti contoh dibawah ini,sebuah papan yang mirip papan reklame namun memiliki tiang rendah agar mudah dilihat.





2.Perbaikan akses,terutama menuju obyek Wisata

Selain mengenalkan obyek wisata dengan publikasi papan sambutan,yang harus diperbaiki adalah akes menuju lokasi wisata tersebut.Untuk percepatan dan fasilitasi pembangunan yang harus diutamakan adalah AKSES nya terlebih dahulu.Misal wisata ke pantai slopeng,ketika wisatawan merasa aksesnya sulit dan terjal maka akan membuat wisatawan enggan berkunjung lagi.Dan pengaruh jangka panjangnya wisatawan belum tau obyek wisata lain di Madura seperti pantai siring kemuning ,rongkang dan camplong.


                                                 Pantai slopeng (sumber:  klik disini)



Kalu saya sendiri dan beberapa banyak orang mungkin sudah mengenal salah satu pantai di Madura yaitu pantai slopeng.Jadi kelayakan dan kemudahaan akses dan transportasi sangat mempengaruhi minat pengunjung.Bayangkan saja ketika anda berada didaerah yang belum anda kenal namun banyaknya obyek wisata dan kemudahan aksesnya,tentu membuat anda terkesan seumur hidup.Dan akhirnya Ingin mengunjungi obyek wisata tersebut lagi dan lagi (bersama teman,keluarga dll).Intinya kembangkan aksesnya juga,karena akan merugikan ketika membangun bangunan semewah apapun kalau aksesnya sulit.






3.Pasar Terpusat

a.Oleh- Oleh

Untuk ide kali ini berkaitan dengan buah tangan dari para wisatawan.Bisanya kita berkunjung kesuatu lokasi pasti membawa buah tangan yang khas dari lokasi tersebut untuk dihadiakan kepada teman keluarga dll.Sehingga dapat menarik orang lain juga berkunjung ke lokasi tersebut.Misalnya saya ke Yogyakarta tepatnya di malioboiro,saya membeli oleh oleh kerajinan tangan mobil kayu yang bertuliskan Yogyakarta.Pastinya teman saya akan tau bawah saya usai berkunjung ke lokasi malioboro. Alur ini sekaligus pengenalan secara tidak langsung kepada wisatawan,sehingga mengundang wisatawan lainnya untuk berkunjung. (y) Dalam dunia marketing istilahnya pasif marketing, hehe



Dari madura contohnya

Sumber : Klik disni



b.Sebagai pusat jual beli

Berdasarkan apa yang saya bahas sebelumnya,kita tau bahwa madura punya banyak keunikan.Kulinernya pun tidak hanya bebek,ada lagi sate lalat dll..Saya punya ide untuk mengumpulkan keaneka ragaman di madura ini menjadi satu dalam sebuah wadah pasar terpusat yang lokasinya dekat dengan suramadu dan aksesnya mudah. Ide ini terinpirasi dari kota Yogyakarta misalnya punya pasar terpusat yang banyak orang mengenalnya yaitu Jl.Malioboro.Bandung punya pasar lengkap di daerah cihampelas  yang terdapat banyak pedagang menjual berbagai macam barang.





                                                   Sumber: klik disini dan disini 




Arus jual beli di dua lokasi pasar ini sangat tinggi,bisa dibayangkan jika Madura punya pasar terpusat seperti Malioboro dan Chiaampelas. Jadi madura punya lokasi belanja terkenal yang dapat dikunjungi wisatawan,dengan adanya jembatan Suramadu dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Madura bahkan bisa menarik para investor WOW WOW. Gambaran pasar terpusat madura adalah seperti dibawah ini,tiap stand menjual berbagai kebutuhan dan produk yang bervariasi seperti oleh - oleh khas madura, pernak pernik,baju,kaos,sepatu dan hidangan kuliner seperti Bebek,Soto Madura,Sate lalat.



Ide saya ini juga flexibel,bisa juga realisasi  pasar terpusat dalam bentuk gedung. Intinya adalah pasar terpusat. hehe

    Sumber Gambar Animasi : klik disini

4.Pusat Edukasi Masyarakat dan Wisatawan






                                                                Sumber: klik disini


Kondosi 1

Didaerah pinggiran Surabaya dan Madura banyak masyarakat yang berprofesi sebagai pelayan. Ada juga yang berdagang menjual hasil olahan laut yang didapatkan.Nah disini,keterkaitan antar masyarakat sangat diperlukan.Untuk keperluan penangkapan ikan,pelestarian laut,pengolahan produk.Sehingga nantinya masyarakat bisa menangkap ikan,mengolah dan menjual produknya tersebut. Tentunya dibutuhkan pengetahuan dalam hal pelestarian lingkungan ,pengolahan hasil laut dan pemasaran.Oleh karena itu dibutuhkanlah Pusat Edukasi Seperti perpustakaan Umum untuk masyarakat. Jika di Surabaya misalnya seperti di daerah kenjeran,yang merupakan sasaran tepat untuk edukasi ini.







  

Sumber: klik disini dan disini 


Kondisi 2

Mahasiswa atau pelajar pada masa ini sangat inovatif dan kreatif prestasinya mampu menembus kompetisi Internasional. Tiap tahun selalu mengeluarkan karya baru yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi didaerah Surabaya dan Madura ada perguruan tinggi yang berkualitas seperti ITS,PENS,PPNS,UNESA,UNAIR dan Universitas Trunojoyo. Tentunya sangat menunjang sekali untuk menjadikan pusat edukasi masyarakat. Seperti halnya Puspa IPTEK di bandung dan taman pintar di Yogyakarta.



Konsep pusat edukasi ini terdiri dari pameran inovasi dan perputakaan umum. Karya karya inovasi yang dipamerkan dalam bentuk apapun kepada wisatawan. Jadi Wisatawan dapat berkunjung melihat karya atau alaut peraga di pusat edukasi ini ,masyarakat pun dapat belajar dalam mengembangkan pengetahuannya. Untuk wilayah penempatan lokasi ini lebih lepatnya di kawasan kenjeran Park,atau jika di Madura letaknya bisa didekat Suramadu.




5.Laser show jembatan Suramadu
Untuk mempercantik jembatan kebanggan indonesia ini perlu dilakukan beberapa tambahan. Dari saya sendiri mempunyai ide untuk memasang laser di pinggir jembatan. Sehingga nanti pada malam hari lampu laser ini akan menyala dan mempercantik jembatan Suramadu.


                                                                  Sumber: klik disini


Saya contohkan dengan gambar diatas adalah Bosphorus Bridge – Istanbul, Turkey.Dilihat dari kemegahannya membuat siapapun terkesan dan membuat wisatawan kembali lagi, Tentunya jika laser show ini diterapkan,juga harus dilengkapi dengan wisata pinggir pantai. Seperti  adanya rest Area pinggir jembatan untuk menyaksikan langsung pertunjukan laser ini.


6.Jalur Hijau

Ide saya yang satu ini menyangkut infrastruktur lagi yaitu jalur hijau pada jalan menuju  Suramadu. Ini merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan selain kita membuat bangunan yang manfaat untuk manusia,kita juga harus membuat manfaat untuk alam. Pembuatan jalur hijau dengan penanaman pohon di pinggiran jalan tol menuju  Suramadu akan membuat jalur semakin asri dan nyaman.  Fungsi lain pohon adalah menjaga keseimbangan tanah,menyerap air,mencega pemanasan global dan masi banyak lagi. Oleh karena itu sudah sangat layak lagi konsep ini diterapkan,karena implementasinya pun tidak sulit.








7.Rest Area 

Adalah tempat istirahat bagi para pengendara kendaraan,area ini fungsinya untuk memulihkan kembali tenaga pengemudi dan mesinnya.  Seperti jalan tol pada umumnya,jadi pada rest area ini akan terdapat

a.rumah makan, apa lagi free Wifi hehe
b.pengisian bahan bakar (SPBU misalnya)
c.tempat ibadah contohnya seperti Musolah,untuk memurnikan rohani lagi .

Sehingga ketika sudah melintasi jembatan suramadu,pengemudi dan kendaraan sudah dalam kondisi prima. Pembangunan rest area ini bisa dibangun dibagian ujung Surabaya atau dibagian Madura.


                                                                    Sumber: klik disini




Sekian apa yang saya curahkan pada blog sederhana ini untuk artikel bertema “Percepatan dan Fasilitasi pembangunan Wilayah Suramadu".Semoga tulisan saya yang berisi kecuil ide ide ini bermanfaat untuk perkembangan Surabaya dan Madura kedepannya.




16 komentar:

  1. Menarik jika Suramadu ada laser show kayak gitu.
    Gemerlap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirip di istambul,pasti akan ramai disaksikan masyarakat

      Hapus
  2. Emang di madura belum ada pasar terpusat ya?
    Keren banget tuh kalau ada bisa saingan sama Malioboro

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Madura yang penting

      Hapus
  3. Idenya sungguh oke itu, Mas. Semoga ke depan Surabaya dan Madura terus berbenah dan semakin asyik untuk dikunjungi. Apalagi bila ke Surabaya saya selalu nyari lontong balap, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, nah itu lontong balap dan tahu tek spesial banget.

      Hapus
  4. keren banget idenya mas,,, :) seneng deh madura kalo udah seperti itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya trimakasih mbak , Semoga smakin berkembang :D

      Hapus
  5. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Pariwisata, menurut saya tempat warisata merupakan tempat yang sangat
    menarik juga banyak hal yang bisa dipelajari di tempat wisata.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai dunia pariwisata
    yang bisa anda kunjungi di Dunia Pariwisata

    BalasHapus