Arsitektur 4G Indonesia

Dalam perkembangannya sekarang banyak dinantikan adalah jaringan 4G, karena sudah lama digembar gemborkan di Indonesia . Namun masalah infrastruktur belum merata ke berbagai daerah.oke kali ini sebelum kita menikmati 4G yang telah disiapkan oleh Operator. mari kita ketahui dulu bagaiamana sih Arsitektur 4G itu,apakah daerah anda akan mendapat 4G? Mari kita simak (*gaya presenter) hehe.


Perkembangan 4G didunia 

Dalam adopsi LTE, The Global Mobile Supplier Association (GSA) mencatat per 8 Januari 2013, ada 145 jaringan LTE yang sudah komersial di 66 negara. Sementara yang sudah mulai investasi, ada 381 operator di 114 negara. GSA memperkirakan akan ada 234 jaringan LTE yang komersial hingga akhir tahun 2013 di 83 negara.

 Saat ini beberapa operator selular sedang mempersiapkan jaringan LTE (Longterm Evolution) sebagai pengusung teknologi 4G mereka. Operator seluler GSM dan CDMA sudah mengambil ancang-ancang beralih ke teknologi 4G. Selain itu, mereka juga mempersiapkan berbagai layanan inovatif yang memiliki konektivitas teknologi LTE untuk mengakses berbagai konten dan aplikasi.

 Di pihak vendor ponsel, ada Nokia, LG dan Samsung yang sudah menggunakan 4G LTE sejak tahun 2010. Contoh produk Samsung yang sudah 4G adalah samsung Galaxy Express. Sampai Oktober 2011, dari 35 jaringan LTE yang sudah beroperasi komersial, 11 di antaranya disediakan oleh Huawei.

 LTE (Long Term Evolution)

 LTE (Long Term Evolution) adalah sebuah proyek  baru dari komunikasi  udara dengan  kinerja tinggi untuk sistem komunikasi bergerak selular. Ini adalah langkah terakhir menuju generasi ke-4 (4G) dari teknologi radio frekuensi yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan telepon mobile. yang mana generasi sekarang, dari jaringan telekomunikasi bergerak yang terkenal adalah 3G (untuk “generasi ketiga”), LTE dipasarkan sebagai 4G.







WiMAX

Menurut WiMAX Forum, arsitektur Mobile WiMAX terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu:

 • User Terminal yang digunakan oleh end-user untuk mengakses jaringan.

 • Access Service Network (ASN) yang terdiri dari satu atau lebih BS dan satu atau lebih ASN gateway yang membentuk jaringan akses radio.

• Connectivity Service Network (CSN) yang menyediakan konektivitas IP dan semua fungsi core Network Internet Protocol.






WiBro

WiBro merupakan kependekan dari Wireless Broadband, Teknologi pendatang baru yang siap menyaingi keunggulan dari WImax. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu Wibro. Wibro dipancarkan pada frekuensi 2.3 GHz,Wibro mengakses internet broadband keberbagai perangkat contonya Ponsel, PDA, computer notebookTeknologi ini dikembangkan dan diperkenalkan oleh industri telekomunikasi Korea, Vendor telekomunikasi yang sudah menggunakan teknologi WIbro seperti Samsung dan LG. WiBro menggunakan teknologi TDD (time divison duplex) untuk mengantarkan dua koneksi atau lebih dalam satu jaringan dan 8,75 MHz sebagai jalur bandwith. 



Menurut pakar telematika Indonesia, Onno W. Purbo, “Untuk teknologi 4G, setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Semua jenis radio transmisi seperti GSM, TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang di operasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4GHz & 5-5.8Ghz, bluetooth dan selular. Integrasi voice dan data dalam channel yang sama. Integrasi voice dan data aplikasi SIP-enabled. 

Tidak ada komentar