Kode Sederhana Matlab

Setelah saya memulis artikel sebelumnya tentang Operasi dasar matlab,ini merupakan artikel lanjutan. jadi yang belum membaca artikel saya silahkan baca terlebih darulu.Kali ini saya akan melanjutkannya mengenai permasalahan sebelkumnya dengan menggunakan kode atau source code sederhana Matlab.Periode atau T yang digunakan adalah 2. Persamaan geombangnya adalah y1=sin(2*pi*t). dimana dari persaman tersebut didapat amplitude dari gelombang sinus yang dihasilkan adalah 1, dengan beda fase pi atau 180o. jumlah gelombangnya adalah 2 gelombang karena periodenya adalah 2.


Perlu diketahui bahwa antara gelombang pertama dan kedua memiliki fase dan frekuensi yg berbeda. Gelombang pertama memiliki frekuensi 1 Hz, sedangkan gelombang kedua memiliki frekuensi 2Hz. Dalam matematis dituliskan :


source code matlab






g(t) = f(t) + h(t) = sin(πft) + sin(2πft). Sehingga pasti terjadi perubahan bentuk gelombang setelah dijumlahkan. Amplitude masing masing gelombang sebelum dijumlahkan adalah 1, ketika dijumlahkan nilai amplitudonya menjadi 2.

sinyal matlab




Setelah diubah nilai frekuensi pada gelombang kedua, hasil penjumlahan kedua sinyal berbeda dengan hasil penjumlahan sebelumnya. Gelombang kedua diberikan nilai frekuensi 10 Hz dengan fase 900.

nilai frekuensi matlab

berikut ini keadaan dimana pha2  bernilai 0,1*pi atau pi/10. Fase dari kedua gelombang tidak terlalu berbeda banyak.  Sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar