SATELIT TWINSAT LAPAN

Pada post sebelumnya saya membahas tentang izin satelit.Pada post kali ini saya akan berbagi pengetahuan lagi tentang satelit.Ini merupakan jenis satelit Twinsat lapan,yang nantinya akan diluncurkan.Di Indonesia dibuat oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN.Awalnya dibuat untuk komunikasi darurat ketika bencana. Mendukung komunikasi saat keadaan darurat dalam bentuk voice dan data.

 Kemampuan dalam keadaan darurat :
1.Mampu mengambil citra daerah bencana dengan resolusi 5m.
2.Mengirimkan data secara langsung (real time) dalam waktu peliputan yang tinggi (15 menit dalam radius 1000km)

Diluncurkan pada tahun 2011 dengan menggunakan roket ISRO dari india.

 1.Diletakkan pada sudut yang sesuai dengan posisi geografis indonesia 6-9 derajat dengan ketinggian 650 km diatas permukaan bumi.

 2.Bekerja pada orbit near equatorial yang jarang digunakan oleh negara-negara lain karena coverage yang sempit

3.Satelit ini lebih sering melintas di Indonesia (11 – 12 kali perhari) 4.Memiliki berat total 140 kg Terdiri dari 2 buah satelit yaitu, LAPAN A2 dan LAPAN A3




LAPAN A2
 Didesain guna mendukung penangana bencana dan juga monitoring kapal.
Muatan video surveillance (color for 80 km swath) dan juga kamera digital (Ground resolution: 5,96 m, Ground coverage: 12,2 x 12,2 km).LAPAN A2 juga dilengkapi dengan muatan repeeater Automatic Identification System (AIS) guna navigasi maritim dan monitoring trafik kapal yang selama ini ditempatkan di darat.


LAPAN A3
diperuntukkan guna bantuan penanganan bencana,LAPAN A3 tersebut dimuatkan repeater Voice dan juga APRS guna membantu komunikasi rekan amatir. LAPAN A3 juga dilengkapi dengan muatan 3-band multi imager spectral camera (Ground resolution: 16.7 m, Ground coverage: 101.87 km swath width) dan juga video camera (Video camera PAL color for 80 km swath width ground coverage) guna bantuan monitoring bencana, penggunaan lahan, sumberdaya alam serta monitoring lingkungan.

Tidak ada komentar