Segmen Angkasa Satelit

Setelah kita membahas cara peluncuran satelit ke orbitnya, kini saya akan membahas mengenaisegmen angkara yang digunakan untuk lintasan satelit. Dari yang saya pelajari terdapat segmen angkasa yang sangat penting dalam lintasan satelit atau struktur angkasanya. Sehingga nantinya proses uplink dan downlink dari angkasa ke bumi bisa berjalan dengan baik. Oh Ada satu tambahan lagi yaitu Stasiun pusat sebagai pemantau data.

Oleh karena itu berikut sagmen angkasa yang saya rangkum:

Sistem Propulsi : menyertakan motor elektrik atau mekanik yang mengarahkan spacecraft ke posisi tetapnya, sebagus thrusters kecil (motors) yang membantu menjaga satelit tetap berada ditempat yang sesuai di orbit.

Power Supply : menghasilkan listrik dari panel solar dan menyimpannya di media battery storage.

Struktur / Bus : distributes stresses of launch and acts as a strong and stable framework for attaching other parts of satellites.

Kontrol Temperatur : menjaga bagian-bagian aktif dari satelit tetap dingin agar bisa bekerja dengan baik. 

Kontrol Attitude dan Orbit : mengatur “footprint” komunikasi di lokasi yang benar, sehingga sinyal komunikasi tidak akan terganggu. 

Telemetry, Tracking, & Command subsystem : menyediakan cara pada orang-orang yang berada di ground station untuk berkomunikasi dengan satellite.


Pada prosesnya gambarannya seperti berikut,



uplink satelit



Baik orbit MEO,LEO dan GEO, segmen angkasanya bisa dibilang hampir sama.Pada gambar diatas sudah dijelaskan prosesnya dari SB TX atau pemancar mengirim data ke segmen angkasa atau biasa disebut uplink. Kemudian dari Segmen angkasa mengirimnya ke SB RX yang berada di bumi atau yang disebut Downlink. 


Tidak ada komentar