Kode Gold Sequence pada Trainer MCET-DS2000.

Teori Kode Gold telah membuktikan bahwa pasangan yang cocok dari kode Maksimal mempunyai periode N = 2n-1. Kode ini memiliki tahap umpan balik yang relative lebih sedikit. Kode Gold dibentuk dari penambahan chip demi chip dengan clock yang disinkronkan. Kode-kode yang disinkronkan ini memiliki panjang yang sama, sehingga kedua pembangkitan kode panjang maksimal dapat terjaga agar phase-nya sama. Kode yang dibangkitkan memiliki panjang sama dengan kode dasarnya, namun tidak maksimal.
Dengan konfigurasi kode Gold, dapat dihasilkan 33 kombinasi kode panjang maksimal dengan lima shift register. Sehinga dengan n register, kode dapat membangkitkan 2n-1 deretan panjang maksimal, ditambah dua deretan maksimal dasarnya.

Untuk mendapatkan pasangan yang cocok dari kode panjang maksimal yang memiliki nilai korelasi silang rendah. Kita membutuhkan preferred pair. Berikut ini adalah tabel yang mendaftarkan seluruh preferred pairs yang paling umum digunakan untuk derajat 5 sampai 11.







Di bawah ini akan ditunjukkan contoh pembangkitan kode Gold dengan nilai N=5, sehingga panjang periode L=25-1=31. Selanjutnya berdasarkan teori Peterson dan Weldon pasangan preffered pair yang dapat terbentuk adalah:
                              g1 (D) = 1+D2+D5
                              g2 (D) = 1+D2+D3+D4+D5
Bentuk blok diagram dari persamaan di atas adalah seperti Gambar 3.1 di bawah ini:





Beberapa keuntungan yang diperoleh dari penggunaan kode ini antara lain adalah:
a.       Sedikitnya tahap umpan balik yang akan dipakai.
b.      Kode-kode yang ditambahkan melalui proses penambahan chip per chip dengan clock yang disinkronkan mempunyai panjang periode yang sama, sehingga kedua pembangkitan kode panjang maksimal tersebut dapat menjaga agar fase-nya selalu sama.
c.       Dengan konfigurasi kode Gold akan dihasilkan konfigurasi yang panjangnya ditambah dua deretan dari maksimal dasarnya L=2n-1.
d.      Korelasi silang dari kode-kode panjang maksimalnya yang rendah dan terbatas.
e.       Untuk teknologi CDMA yang menginginkan kerja simultan banyak digunakan kode Gold ini untuk membawa banyak sinyal pada frekuensi pembawa yang sama.

2 komentar:

  1. I don’t know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

    BalasHapus