BCA - Selalu Menjadi Bagian Perjuangan

Hari ini akan saya ceritakan rahasia saya dalam hal menjalankan bisnis  sambil kuliah. Seperti pada aktikel artikel saya sebelumnya saya memang sedang membangun bisnis di bidang Digital dan Online Shop. Dalam dunia profesional, transaksi adalah inti  aliran danah Yes, chasflow adalah  aliran darah dalam tubuh. Layanan bank yang anda pilih , bisa jadi cerminan layanan anda pada pelanggan.



Oke ceritanya dua tahun lalu saat saya merintis sebuah online shop dibidaang fashion dari kampung  dengan modal seadanya :). Yes, kurang dari 1 juta. Jadi kebetulan pada saat itu dikelolah ibu saya dan tante,dengan berjualan produk retail. Seperti jilbab , gamis, aksosris dll. Pada 3 bulan pertama, hasilnya belum begitu terlihat. Barulah,  3 bulan menjelang  Ramadhan sudah mulai terlihat hasilnya.



Semakin dekat dengan bulan ramadhan , penjualan terus bertambah. Saya yang saat itu masi menggunakan ATM debit Edisi silver akhirnya Upgrade ke GOLD untuk memenuhi kebutuhan transaksi seperti Grosir dan Restock produk. Karena ATM debit edisi GOLD dapat menarik uang lebih banyak.





Selama berjibaku di onine shop ini, banyak pelanggan yang melakukan transfer melalui bank BCA. Beruntung pada saat itu saya sudah menggunakan klik BCA sebagai media transaksi Onlineshop. Melalui klik BCA juga dapat menampilkan riwayat transaksi dari hari hingga bulan. Seperti melihat buku penjualan sendiri, sengat memudahkan sekali  memantau transaksi hanya dengan sekali klik mutasi. :)






Hingga sekarang usia  Online shop sudah hampir 2 tahun dan Alhamdulillah perkembanganya sudah sangat menggembirakan. Melalui promosi melalui internet dengan menggunakan website, facebook dan instagram. Kami berhasil menjemput pelanggan hingga manca negara. Kami mendapat banyak pelanggan dari luar negeri, terutama di negara hongkong, singapura, malaysia. Mereka  menjual ulang produk kami disana, kami selalu menjaga hubungan baik dengan mereka supaya produk Lokal dari pinggir kampung ini bisa mendunia. Yang menarik adalah, ketika awal saya belum pernah melakukan eksport. SAYA KEBINGUNGAN. karena saya belum punya akun bank Internasional.



Beruntung, waktu itu pelanggang saya adalah orang hongkong yang bisa berbahasa indonesia. YES seorang TKW yang mendirikan usaha disana, Saya cerita pada beliau bahwa saya hanya punya akun bank BCA. Namun siapa sangkah beliau berkata "BISA KOK MAS TRANSFER KE BCA" .
Sontak saya langsung jingkak jingkrak karena senang mendapat pelanggan pertama dari luar negeri. :)





Jualan di pinggir kampung , pelangganya dari luar negeri

Ini Pengalaman Transaksi saya dari Luar Negeri




Sejak saat itu ketika ada pembeli datang dari luar negeri khususnya wilayah Asia tenggara. Saya menawarkan untuk transaksi menggunakan BCA saja.  Dan itu terbukti, ketika pembeli dari Malaysia dan Singapura datang. Mereka juga tidak kebingungan  ketika saya sodorkan rekening BCA saya. :) tentu saja melalui jasa transaksi yang sudah di ubah ke dalam satuan Rupiah


Dalam aktifitas sehari hari pun juga tidak lepas dari produk BCA. Debit BCA suda pasti saya gunakan untuk melancarkan transaksi  untuk beli keperluan toko, fashion dan kebutuhan sehari hari. tinggal gesek langsung LUNAS, tanpa perlu repot repot membawa uang tunai.





  


Sebelum pulang dari beraktivitas, saya sempatkan untuk membawa buah tangan untuk keluarga tercinta dirumah. Saya mampir ke Jajanan kue yang sedang Hitz di Surabaya, yes Lapis kukus Surabaya  Pahlawan. Kue ini memang menjadi trend 2 tahun terakhir ini, banyak sekali yang suka.Termasuk  ibu dan adik saya yang doyan banget.  Tidak hanya warga Surabaya, para pendatang pun sering membawa kue ini sebagai oleh oleh khas Surabaya. Selain rasanya yang manis dan ngangenin, kemasannya juga menarik. 



Ketika saya ke meja kasir, rupanya sudah tersedia debit BCAdan Flazz. Saya membeli kue Lapis kukus Surabaya ini menggunakan debit BCA. Tinggal gesek, tanpa uang cash  pembayaran kue langsung Lunas. Ini rincian harganya, terterah di stuk pembelian. Jangan kaget, karena harganya sangat murah untuk kue dengan rasa yang ngangenin seperti ini , cukup Rp.26.000.  Yosh Lanjut perjalanan ke rumah



Kemarin untuk pertama kalinya saya menggunakan aplikasi Sakuku.  Karena penasaran dengan aplikasi yang sedang naik daun ini. Saya langsung download di Google Playstore dan install di smartphone . Setelah menginstall aplikasi,  rupaya langsung muncul form registrasi  Nama, Email, Tahun Lahir dan isi PIN .



Setelah itu muncul pemberitahuan SELAMAT AKUKU TELAH AKTIF .  Klik lanjut,



    

Maka akan tampil seperti gambar diatas,  anda dapat mengganti gambar profil dan cover  aplikasi sakuku seperti gambar di kanan.     Anda juga bisa isi saldo sakuku melalui klikBCA, dengan cara seperti ini  






Isi Saldo Sakuku dari ATM

Cari ATM berlogo Sakuku di kota anda,  seperti yang saya temukan ini. ATM BCAterdapat logo Sakuku diatasnya.






Langkah pertama, pilih menu "KE SAKUKU" . lalu masukkan nomor Handphone tujuan anda. Nomor Handphone yang sudah terdaftar sebagai nomor sakuku ya.



  



Silahkan isi nominal saldo yang akan diisikan ke aplikasi Sakuku. Setelah itu Selesai.  Saldo berhasil di tambahkan .  


Oke
Selanjutnya ,  Kalau anda  ingin mendapat lebih banyak fitur di aplikasi sakuku. Anda bisa daftar ke Sakuku Plus (Sakuku+). Klik Aktivasi Sakuku Plus, kemudian baca persyaratan yang ada.Pada Sakuku ini saldo maksimum Rp.1.000.000,



Sedangkan  Sakuku Plus ini  memiliki banyak kelebihan fitur seperti saldo hinggan Rp.5.000.000, Transfer, Permintaan Transfer, Split Bill, Tarik Tunai di ATM BCA. Masukkan Nomor kartu BCA anda dan tangal lahir, setelah itu Sakuku Plus Anda Aktif



Pada fitur transfer di aplikasi SAKUKU, anda bisa kirim saldo Sakuku atau permintaan saldo ke pengguna sakuku lain. Caranya sangat mudah, anda tinggal masukkan nomor  HP  pengguna Sakuku lain dengan pilih kontak yang terdaftar di aplikasi.


-Split Bill
Fitur Split Bill , fitur ini sangat unit bagi saya. Karena  kita bisa membagi tagian  Belanja kita dengan orang lain. Wah wah wah. Kita bisa berbagi tagian dengan pengguna sakuku. Fitur ini cocok banget kalau dipakai patungan buat beli tumpeng J




caranya gampang , tinggal klik  isi Kolom “isi Jumlah Nonimal”. Lalu pilih kontak pengguna aplikasi sakuku lain. Klik Bagi Rata Tagian maka secara otomatis jumlah tagihan kita akan terbagi rata dengan pengguna sakuku lain. Nantinya mereka tinggal konfirmasi setuju untuk membayar tagian tersebut.



-Tarik Tunai
Untuk melakukan Tarik tunai, klik menu Tarik Tunai. Kemudian pilih jumlah nominal uang yang anda inginkan. Misalnya Rp. 50.000 , kemudian  konfirmasi Tarik tunai. nanti kita akan mendapatkan 6 kode unik setelah kita memasukkan pin Sakuku sebagai konfirmasi. Selanjutnya di mesin atm BCA berlogo Sakuku lalu pilih saja tarik tunai Sakuku dan masukkan 6 kode unik yang ditampilka sebelumnya.





-Isi PULSA

Nah dengan aplikasi Sakuku ini, kita gak perlu kuatir pulsa habis mendadak. Karena aplikasi sakuku ini menyediakan fitur isi pulsa. Nominal pulsa akan terisi dari saldo Sakuku anda . caranya sederhana, teman teman cukup pilih menu isi pulsa, pilih nomor saya ,nomor lain atau permintaan. 



Contoh saya pilih Nomor lain. Dan saya pilih saldo 25.000, setelah itu akan muncul konfirmasi PIN. Pulsa berhasil terisi di nomor tujuan.


-Bayar Belanja
Dengan menggunakan aplikasi sakuku, anda cukup bayar belanja dengan scan barcode ini. Anda bisa menggunakan merchant yang sudah bekerjasama dengan sakuku. Baik di ofline maupun di online. Selngkapnyanya cek disini




Saya akan bercerita menggunakan sakuku sebagai metode pembayaran online. Di salah satu merchant online sakuku yaitu Bhinneka.



Pada saat saya mengunjungi situs bhinneka.com saya tertarik dengan satu set mouse dan keyboard wireless merk Logitech dengan desain yang  menawan. Kombinasi kuning dan hitam , membuat tampilanya garang.



Saya klik BELI, maka produk ini akan tertambahkan ke keranjang belanja. Setelah selesai berbelanja. Saya melakukan pembayaran dengan metode Sakuku. Pada kategori Uang Elekronik dan  centang Sakuku.




Setelah data pengiriman terisi dengan lengkap dan jelas. Lanjut ke langkah selanjutnya . Anda akan dibawah ke halaman sakuku. Isi nomor Sakuku yang terdaftar,  dan segera konfirmasi transaksi  dengan mengarahkan barcode dari aplikasi Sakuku ke Layar.




TRANSAKSI SUKSES, begitu mudahnya menggunakan aplikasi Sakuku  dari BCA. Itulah beberapa pengalaman saya menggunakan produk dan layanan BCA . Sangat membantu sekali untuk kebutuhan bisnis, kebutuhan sehari hari dan  membuat kekeluargaan dengan orang lain makin erat. Terimakasih telah menjadi patner untuk berjuang bersama.


berpartisipasi dalam "My BCA Experience" Blog Competition

10 komentar:

  1. wa baru tau , aplikasi sakuku. biasanya cuma pakai BCA mobile

    BalasHapus
  2. keren pengalamanya
    Bisnis saya belium sampai ekspor hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp mbak, semoga bisa ekspor ke 5 benua

      Hapus
  3. Panjang banget bro, reviewnya. Di kotaku belum pernah lihat ATM ada logo sakuku
    apam aku yang kurang perhatian ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, lagi semangat menulis
      ATM berlogo sakuku, sudah banyak di kota kota besar

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Sudah jamanya aplikasi android. Semua keperluan bisa di atur dari genggaman

    BalasHapus
  6. CAKEP bro, uang elektronik makin jadi trend. Baru tau ada aplikasi beginian

    BalasHapus