Frequency Selective Fading Channel adalah

Jika kanal memiliki constant-gain dan respon fasa linear dalam sebuah bandwidth yang lebih kecil dari bandwidth sinyal transmisi, maka kanal akan membuat frequency selective fading pada sinyal yang diterima. Pada kondisi tersebut, kanal respon impuls memiliki multipath delay spread yang lebih besar dari bandwidth timbal balik dari bentuk gelombang informasi yang ditransmisikan. Ketika hal ini terjadi, sinyal yang diterima termasuk versi multiple dari bentuk gelombang yang ditransmisikan dimana sinyal tersebut mengalami atenuasi dan terdelay, sehingga sinyal terdistorsi.


Frekuency selective fading disebabkan dispersi waktu dari symbol yang ditransmisikan dalam kanal. Sehingga kanal menginduksi intersymbol interference (ISI). Dilihat dalam domain frekuensi, komponen frekuensi tertentu pada spektrum sinyal yang diterima memiliki penguat lebih dari yang lain.


Kanal frequency selective fading lebih sulit untuk dimodelkan daripada kanal flat fading karena setiap sinyal multipath harus dimodelkan dan kanal harus diasumsikan sebagai linear filter. Hal ini sebagai alasan bahwa pengukuran wideband multipath dibuat dan model-modelnya dikembangkan dari hasil pengukuran-pengukuran tersebut.


Ketika menganalisis system komunikasi mobile, secara statistic model respon impuls seperti model two-ray Rayleigh fading (yang mempertimbangkan respon impuls menjadi dua fungsi delta yang fading secara independen dan memiliki time delay yang cukup untuk menginduksi frequency selective fading pada sinyal yang diterapkan) atau yang dihasilkan computer atau  pengukuran respon impul yang secara umum digunakan untuk menganalisis frequency selective small-scale fading.



Dalam frequency selective fading, spectrum S(f) dari sinyal yang ditransmisikan memiliki  bandwidth yang lebih besar daripada bandwidth coherence (Bc) dari kanal. Dilihat dalam domain frekuensi, kanal menjadi frekuency selective ketika gain berbeda untuk komponen frekuensi  berbeda. Frekuency selective fading disebabkan oleh multipath delay yang mendekati atau melebihi symbol period dari symbol yang ditransmisikan. Kanal frequency selective fading juga dikenal sebagai kanal wideband karena bandwidth dari sinyal s(t) lebih lebar daripada bandwidth dari kanal respon impuls.

2 komentar:

  1. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

    BalasHapus
  2. Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

    BalasHapus