10 POINT PENTING UNTUK MENAJDI : KELAS DUNIA


Alhamdulillah , mendapat kesempatan membaca buku luar biasa dari uda wempy doctakoto. 


Sekaligus mendapat surat cita dari beliau hehe :)




Di Postingan ini, saya akan berbagi review tentang buku KELAS DUNIA  ini, 10 Point penting utnuk menjadi KELAS DUNIA. Semoga bermnafaat  dan jadi inspirasi untuk anda






1.Terus Belajar dan Pelajari keahlihan baru

Investasi diri identik dengan belajar namun belajar tidak harus disekolah formal. Menghadiri seminar, mengikuti workshop atau melakukan studi banding merupakan metode  belajar yang perlu dilakukan. Belajar juga dari para Ahli, Komunitas dan jangan hanya belajar sebatas teori tapi juga praktekkan. Wawasan dan pengetahuan teori baru akan menghasilkan tindakan yang lebih baik untuk dunia

2. Investasi Membaca

Cukup ganti kebiaasaan anda menonton tivi , film dan youtube , dengan kebiasaan membaca buku.  Survey menunjukkan kebiasaan CEO membaca 60 buku per tahun. Pilih buku buku yang menarik , menginspirasi , bermakna , menantang dan membangkitkan semangat.


3. Investasi Waktu untuk Kreativitas

Semakin bertambah usia, kreatifitas tidak harus berkurang.  kreativitas dapat menjadi perwujudan pembelajarn berkelanjutan dan aktivits seumur hidup.

4. Pilih Lingkungan dan Bergabung dengan Komunitas

Ikut komunitas juga bentuk investasi diri,berada di lingkungan yang sesuai passion atau tinggal di lingkungan yang mendukung cita-cita anda adalah cara yang baik. Di era ini anda bisa pilih komunitas tanpa batas jarak dan waktu, pililah baik , efektif dan bisa berkolaborasi.

5. Investasi Waktu untuk Membangun Kepercayaan Diri

jika orang lain mengetahui nilai anda,mereka akan mendengar perkataan anda. Inevstasilah untuk mengembangkan kepercayaan diri anda. Beranilah untuk mencintai diri anda sendiri dan memiliki nilai tinggi. Semakin anda percaya diri semakin anda akan percaya diri membagikan nilai nilai tersebut ke orang lain

6. Belajar Sambil Bekerja

Justru bekerja adalah saat terbaik untuk belajar, anda bisa belajar hal hal baru yang mungkin tidak di dapatkan di pendidikan formal. Carilah hal yang menarik di pekerjaan anda, terus pelajari sampai anda benar benar mahir. Dengan demikian pekerjaan anda menimbulkan perkembangkangan ke ahlian anda.


7. Cari Mentor dan Pelatih

Carilah orang yang bersedia membimbing anda. Terutama seorang mentor yang berkecimpung di bidang yang anda minati selama lebih dari satu dekade. Jika tidak menemukan carilah orang yang mau menjadi pelatih anda, meskipun berbayar. Bedanya seorang pelatih akan membimbing anda secara intensif tapi seorang mentor adalah penasihat untuk hal hal lebih besar dan jangka panjang.

8. Hindari Kehidupan Konsumtif dan Hedonis

Orang yang suka berfoya foya tidak mengerti pentingnya uang untuk mengembangkan diri. Mereka suka mengeluarkan uang untuk hal hal yang bersifat sesaat.Alangkah baiknya jika ada alokasi untuk mengembangkan diri untuk meningkatkan kualitas pribadi menjadi lebih baik.

9. Ciptakan versi Besar Diri

Nilai yang anda dapatkan dari pendidikan tidak akan pernah stagnan. Anda harus memvisualisasikan diri sebagai seorang yang lebih hebat lagi di masa depan.Bertanggung jawablah pada diri , apa yang anda lakukan dan apa yang anda pilih.


10. Bermanfaat untuk Orang Lain

INI yang harus anda lakukan,Investasi diri tidak maksimal jika hanya anda saja yang merasakan manfaatnya dari investasi tersebut. jadilah orang yang bermanfaat terhadap orang lain dan bagilah ilmu anda. Gunakan ilmu anda untuk membantu permasalahan orang lain, baik tiu secara pribadi, perkumpulan, negara bahkan dunia. Membantu Orang lain akan membuat anda lebih bahagia, lebih damai dan lebih bahagia. Lakukanlah sekarang , mulai dari hal2 yang anda anggap kecil 


Tidak ada komentar